Jumat, 29 April 2011

penggobatan alamiah jamu vs herbal indonesia


JAMU MANJUR asli dalam negri

Jamu : Obat tradisional Indonesia


Archive for the 'TIP DAN TRIK' Category

AGAR SUARA JADI MERDU

August 29th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 7 Comments »
Hobi seseorang banyak ragamnya. Ada yang suka nari, disco, baca dan juga ada yang menyanyi, sayang sekali dalam hal tarikan suaranya kurang merdu, kurang nyaring, tidak bisa diajak kom-promi. Sehingga hobi atau pun cita-citanya itu tidak terlaksana.
Namun kalau kita tahu caranya supaya suara jadi merdu, tidak sukar melakukannya. Yang kita perlukan yaitu: jeruk nipis 2 buah dan kapur sirih serta madu dan garam.
Caranya mudah saja: setiap buah jeruk nipis dibelah jadi empat supaya mudah memerasnya, dan kemudian diambil air sarinya, beri kapur sirih sedikit yang terakhir campurkan 1 sendok madu asli serta garam secukupnya.
Ramuan ini diminum seminggu sekali, anda akan tahu per-ubahannya kurang lebih satu bulan, suara terdengar merdu bila untuk bernyanyi.
Yang suaranya sudah merdu atau bahkan yang sudah jadi pe-
nyanyi sekali pun jangan lupa meminum ramuan ini, agar suara anda tetap merdu dan tidak terganggu.

LUKA BAKAR

August 28th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
JIKA TERSIRAM AIR PANAS
Jika salah satu keluarga anda tersiram air panas maka anda tak usah bingung, terutama jika kasusnya tidak begitu berat alias ringan. Segeralah cari daun lidah buaya(Aloevera).Caranyadaun lidah buaya dicuci bersih, ambil bagian dalamnya tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api atau tersiram air panas.
JIKA TERKENA LUKA BAKAR
Tak usah panik, jika anda terkena luka bakar, ambillah daun Sirih yang masih segar, peras airnya tambahkan sedikit madu lalu bubuhkan ke tern pat luka yang terbakar, dengan cara ini luka bakar segera sembuh.
Untuk mengobati luka bakar atau tersiram air panas lainnya, anda jugabisamemakaisosorbebekatautiriscaranya daun sosor bebek dilumatkan lalu ditempelkan pada bagian yang terluka.
RANGAN (KUTU AIR)
Hampir semua orang jika dibiarkan kesehatannya atau keber-sihannya akan mudah saja terserang kutu air, terutama orang yang pekerjaannya biasa becek-becek, atau sering membenamkan/me-rendam diri dalam sungai dan sebagainya.
Untuk berjaga-jaga apabila kebetulan anda terserang kutu air, kami anjurkan mengikuti resep-resep yang kami suguhkan.
Menurut pengalaman penyakit kutu air (rangan) da pat disem-
buhkan dengan singkong (ketela pohon).
Caranya:
Ambillah singkong yang masih muda (baru dipetik dari ba-tangnya) lalu dikelupas dan diparut. Setelah itu tempelkan pa-rutan tersebut pada bagian yang kena kutu air {yang luka). Jika parutan yang anda tempelkan itu sudah mengering maka gantilah,dengan parutan yang baru, dengan cara seperti di atas Insya Allah dalam waktu singkat kira-kira 2 hari luka kutu air akan sembuh.

JIKA DIGIGIT ANJING
Pemeliharaan binatang buas itu harus hati-hati. Jangan sampai merugikan orang, Jangan sampai membuat sengsara orang di seke-iilingnya/tetangga. Anjing itu termasuk diantara brnatang buas. Sa-ngat berbahaya bagi orang kampung yang jauh dari pertolongan di bidang medis (kesehatan). Ada sedikit pengalaman, betapa sakit-nya digigit anjing itu, sampai pingsan, panas demam dan masih harus panggil dokter yang jauh lagi tempatnya. Sangat mempriha-tinkan kejadian ini.
ajaran Islampun dilarang, termasuk binatang yang haram.
Barangsiapa yang digigit anjing pasti dia terkena najis. Dan cara
mensucikannya yaitu: harus dibasuh der.gan debu atau pasirsampai
tujuh kali basuhan.
Jika kesulitan/terlalu lama untuk menunggu dokter, mantri kesehatan,
jangan khawatir. Kita dapat meramu obat yang ada dirumah kita
sendiri, dikotak bumbu di dapur.
Kita ambil antar lain bahannya:
1. Bawang putih atau bawang merah.
2. Melinjo atau daunnya.
3. Temu lawak (daunnya ataupun tunggaknya).
Cara mudah sekali:
Semuanya bahan yaitu (no. 1,2,3) ditumbuk sampai halus, kemudian beri minyakspiritussecukupnya. Bubuhkan pada luka anda, lalu dibalut dengan kain pembalut yang steril. Insya Allah luka parah itu akan sembuh dalam waktu yang singkat.

Luka Memar & Bengkak

August 28th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
MENGATASI LUKA MEMAR
Di daerah Bali, peristiwa ini dinamakan Ala Bali. Luka yang membiru disebut luka memar. Sebabnya tidak tentu, mungkin karena terjatuh atau kena benda keras, dan juga mungkin terjepit pintu, bahkan mungkin kena tempeleng. Terkena sentuhan keras seperti itu pasti akan membiru.
Untuk mengatasinya macam-macam menurut adat masing-masing misalnya adat Jawa, adat Bali dan lain sebagainya. Kita ikuti adat Bali dalam mengobati luka memar. Cobalah resepnya, caranya sebagai berikut:’
1. Ambil kayu cendana atau sebuah gosokan kayu cendana.
2. Bawang merah.
3. Bawang putih.
4. Daun jambu mudah 3 lembar.
Setnua bahan ditumbuk halus yaitu bawang merah, bawang putih dan daun Jambu, kemudian dibubuhkan gosokkan kayu cendana dan terakhir beri sedikit air. Tunggu sebentar, kalau warnaya sudah berubah agak kecoklat-coklatan, ambil segumpal kecil kapuk kapas kemudian celupkan pada air ramuan tadi, lalu dibalut tepat pada letak yang luka.
Insya Allah dengan waktu tidak lama rasa sakitnya akan hilang Kemanjuran boleh di coba, silahkan!

MENGOBAT SAKIT BENGKAK-BENGKAK
Bila anda terkena penyakit abu-abuhan atau bengkak-bengkak, maka obatilah dengan (pohon yang kulitnya bisa dibuat pakaian), dan biji buah halba (labu) ditumbuk dengan halus dan dibubuhi dengan minyak pirtus, lalu anda buat (param) Insya Allah penyakit anda akan lenyap dengan waktu yang tidak begitu lama.
Dan lagi jikalau tidak dapat (pohon dan biji buah labu) bisa diganti dengan buah (kudu/pace yang sudah matang) dikupas kulitnya lalu direbus sampai airnya mendidih dan dibubuhi dengan gula Jawa secukupnya, setelah dingin minumlah tiap-tiap akan tidur dan juga bangun dari tidur.
Cobalah laksanakan bila anda menderita penyakit yang demikian itu. Dengan izin Tuhan. Insya Allah anda sembuh. Juga jangan lupa berdo’a pada-IMya. Pantangannya:
Setelah sembuh tidak boleh m,akan telur ikan laut dan makan
ikan yang sudah terlalu busuk, juga jangan makan belut.

ALERGI

August 26th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Banyak ragamnya penyakit alergi ini. Misalnya seperti kudis, ada juga seperti bengkak-bengkak. Sebabnya juga macam-macam pula. Ada yang disebabkan karena makan ikan laut, udang atau mungkin makan ikan lebah/tawon. Dan juga karena makan buah pepaya dan masih banyak lag! sebab-sebab yang lain. Untuk mengobatinya ada yang suka dan kadang juga tidak. Sean-dainya tidak diobati, kalau yang bengkak (gatal) sembuhnya agak lama, harnpir 10 hari lebih dan lukanya membekas, kelihatan kemerah-merahan agak coklat. Untuk menghindari semua ini, bila ada kesukaran cobalah resep ini. Kita ambil daun sirih yang ber-temu urat tujuh lembar. Bertemu urat artinya urat daun sirih yang bergaris-garis menjurus satu arah yang bertemu di ruasnya. Dan kita ambil sepotong bengklai semacam jahe yang berwarna keku-ning-kuningan, ada juga pada penjual jamu ramuan.
Satu sendok teh minyak kayu putih. Caranya:
Bahan-bahannya, daun sirih dan bengklai ditumbuk halus, kemudian campurkan minyak kayu putih. Setelah merata oleskan/usap-kan ramuan ini pada tubuh yang luka/terkena penyakit. Pertama memang terasa pedih dan panas, tetapi lama kelamaan akan hi-lang dengan sendirinya. Lakukanlah pengobatan ini secara konti-nyu setiap harinya. Insya Allah tidak seberapa lama penyakit anda akan segera hilang tanpa bekas.
Salam JAmumanjur.com

MENYAPIH ANAK… (BERHENTI MENYUSUI)

August 26th, 2009 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | No Comments »
Bayi memang tidak selamanya akan disusui. Karena jikalau sudah keluar giginya, dia akan menggiit-gigit puting buahdada ibunya. Oleh sebab itu makanya bayi mulai diberhentikan menyusu.
Istilahnya “disapih”. Biasanya ibu yang menyapih anaknya pada waktu-waktu ter-tentu sering mengeluarkan air susunya tanpa disengaja. Hal ini sa-ngat mengganggu. Karena ia tidak selamanya harus di rumah.
Adakalanya ia harus bekerja di kantor maupun di perdagangan maupun di pertanian, dan lain-lain. Apabila keadaan demikian ‘tu berlarut-larut, ambillah segenggam bunga melati atau bunga mawar kemudian tumbuklah bunga tersebut sarnpai lembut, lalu taruhlah pada kapas maka tempelkan pada buah dada anda sebe-mandi. Insya Allah air susu yang mancur tersebut akansegera berhenti dan mam pet

Bekas luka, Bau Badan dan Tips Lainnya

August 26th, 2009 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | 2 Comments »
BEKAS CACAR
Untuk menghilartgkan bekas-bekas cacar yang ada pada wajah khususnya, agar wajah menjadi halus dan tiada bekas cacar lagi, ambillah cumi-cumi lalu jemurlah hingga kering dan bersihkan, ke¬mudian tumbuklah cumi-cumi itu sampai halus dan dapat diayak, lalu pakailah bubuk dari cumi-cumi itu campuran pupuk (untuk bedak). Lakukanlah setiap hari dengan tekun insya Allah bekas cacar yang ada pada wajah anda atau lainnya, akan yang lenyap dan menjadi halus kembali, karena kadang-kadang orang yang mengalami demikian itu merasa rendah diri. Karena dalam percobaan pertama gagal lakukan ters secara rutin, tiap pagi dan malam menjelang tidur, ataupun sehabis mandi.
MENGHILANGKAN BAU KETIAK
Cara menghilangkan bau ketiak yang tidak enak karena ber-buiu lebat cukup mudah. Bubuhkan merica dan kapur barus (kam-fer) serta minyak tanah pada ketiak anda. Jika anda rajin menger-jakannya dalam waktu yang tidak akan lama bau badan (ketiak) anda akan hilang. Untuk menghilangkan rambut pada ketiak anda (merontokkan rambut) maka campurlah ramuan tadi dengan limau nipisatauair kapur sirih!

MENCEMERLANGKAN KULIT BERMINYAK
Perawatan sangat diperlukan oleh seluruh anggota badan, ter-utama pada wajah. Wanita yang memiliki jenis kulit berlemak se-ring juga mengeluh, karena mungkin saja terjadi misalnya dalam pemakaian make-up. Semula apabila baru berdandan tampak mo-lek, tetapi dengan cepat menjadi rusak dan juga tampak kotor ku-sam berlemak. Tidak usah bingung. Cobalah resep berikut ini. Ambi! kentang 2 buah lalu kupas kuiitnya, kemudian haluskan sampai menjadi semacam bubur. Bubur ini diborehkan pada wajah sampai merata. Setelah seperempat jam baru dibersihkan, past! ku¬lit anda pada wajah yang berlemak itu menjadi cemerlang dan se-harian make-up yang dipakai tak akan rusak.
Buktikan sendiri khasiatnya!

MELENTIKKAN BULU MATA
Bangganya seseorang bila mempunyai sorot mata/sinar peng lihatannya bagaikan besi sembrani.
Dalam pandangan pertama yang kita nilai terutama adalah bulu mata. Betapa indahnya bulu mata yang lentik.
Apakah anda ingin memiliki bulu yang lentik itu? mudah saja, ca-ranya’ Ambil tangkai daun sirih, dan lidah buaya. Tangkai sirih itu dicelupkan dalam lendir lidah buaya, lalu oleskan pada bulu
mata.
Pemakaian mask’ata sementara harus dihentikan untuk men-jaga kesehatan bulu mata anda.
Lakukan resep ini secara rutin, Insya Allah anda akan mem’per-oleh bulu mata yang lentik, indah dan mempesona.

BILA JARI ANDA CANTENGAN
Jika jari tangan anda terdapat canteng yang membengkak dika-renakan suhu yang panas dingin maka anda tidak perlu khawatir. Penyakit ini memang menggemaskan, gatal tapi sakit.
Cara pengobatannya ialah:
I. Ambil kotoran burung darah (merpati) yang masih empuk. Lalu blebetkan pada jari yang terkena cantengan dengan di-balut. Sesuai dengan percobaan yang telah dilakukan berulang-ulang«resep ini ternyata manjur. Beberapa hari kemudian can tengan anda akan hilang.
II. Jika bengkak pada jari (tidak harus sebatas kuku) ambillah te-pung, masukkan kedalam drum atau gentong. Lalu tuangkan air madu dan minyak di dalamnya. Kemudian didihkan dan bisa dipakai sebagai cream untuk dibalutkan pada jari yang bengkak.
Mudah-mudahan anda cepat sembuh!

PENGGANTI PIL TIDUR

August 26th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Hampir semua penyakit yang menjangkit pada manusia itu menyebabkan si penderita menjadi tidak dapat tidur/sukar tidur. Untuk mengurangi rasa sakit yang diderita oleh penderita, kadang-kadang perlu diperlukan pil penenang. Dan apabila obat seperti demikian diberikan secara rutin, maka akan membawa akibat sam-pingan. Maka untuk mencegah hal-ha! yang tidak menguntungkan dan yang tidak kita inginkan, apabila ada salah satu di antara ke-luarga anda yang mengaJami demikian yakni menginginkan kete-nangan, ambil saja buah pala sebiji, lalu kupaslah. Seteiah dikupas kulitnya, tumbuklah buah itu sampai halus bubuhilah dengan air sedikit ialu pupuklah pada bagian pelipis si penderita dengan ramuan tersebut. Insya Allah berkat khasiat ramuan buah ini si penderita akan segera dapat tidur nyenyak.

MELENYAPKAN POLIP

August 26th, 2009 -- Posted in Jamu, PENYAKIT, TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Sebetulnya polip tanpa dioperasi juga dapat dilenyapkan dengan mempergunakan cara pengobatannya tradisional. Ambillah lima buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya, ke-mudian campurkan dengan sepotong jahe yang telah diracik halus dan dikeringkan. Ambillah kurang lebih 20 butir cengkeh, juga 10 daun sirih, juga 6 helai daun sereh.
Rebuslah air jeruk di atas api, masukkan jahe, kemudian 20 butir cengkeh, daun sirih dan daun sereh. Biarkan sampai men-didih, sampai air jeruk tinggal sedikit, saringlah dan ambil sarinya. Kurang lebih dapat % atau 1/5 cangkir, minumlan air ramuan ini setiap pagi hari selama 1 bulan, niscaya polip telah lenyap. Tetapi yang perlu diingat, meminum air ramuan ini harus teratur setiap hari tidak boleh baru beberapa hari sudah bosan dan berhenti. La-kukan secara kontinyu sampai hasil yang memuaskan.

MELENYAPKAN PANAS DALAM

August 26th, 2009 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | No Comments »
Panas dalam adalah panas dimana tubuh seakan-akan tak bisa bertahan dari suhu panas tubuh bagian dalam sehingga kulit menjadi kering dan seluruh kelenjar ditubuh seperti tak berfungsi lagi, bibir pada retak-retak pecan, mata agak merah, panas kering dan sengau panas agak memburu.
Gejala-gejala seperti ini yang disebut panas dalam, biasanya terjadi pada diri anak-anak, maka untuk melenyapkan panas dalam tersebut, biasa anda pergunakan rebusan daun randu.
Ambillah daun randu secukupnya, cuci yang bersih kemudian masukkan kedalam panci, isi air secukupnya dan rebuslah sampai mendidih selama 10 menit airnya disaring dan diberikan kepada yang panas dalam sehari tiga kali. Lakukan selama 3 hari, nlscaya panas, dalam itu akan lenyap.
3ika mau, bisa dicampur dengan akar alang-alang, direbus menjadi satu. Ini akan bermanfaat besar sekali melenyapkan panas dalam. Akar alang-ateng dan daun randu direbus menjadi satu dan air rebusan itu diminum. Dalam 1 hari panas dalam itu akan lenyap, tidak jarang didahului dengan pecah panasnya dan yang menderita panas dalam itu akan buang air mencret. Mencret, panasnya turun dan selanjutnya buang airnya biasa, karena tak perlu kaget jika anak yang panas dalam setelah minum rebusan itu menjadi mencret kerena pecah panasnya.




Kelamin Wanita (Vagina)

August 28th, 2009 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | 2 Comments »
SUPAYA PERET DAN LEGIT
Wanita manapun di dunia ini pasti mendambakan dirinya sebagai wanita yang nomor satu. Disamping merawat wajahnya, tentu dipelihara juga tubuhnya, terutama kemaluannya. Setiap wa-nita tentu ingin dirinya memiliki vagina yang peret dan legit. Bagi yang sudah menikah manfaatnya yaitu untuk kepentingan kebahagiaan perkawinannya agar tetap dikagumi dan dicintai suami.
Untuk membuat vagina menjadi legit dan peret rapet, haruslah benar-benar memperoleh perawatan yang teratur, yakni setiap hari usahakan makan daun pepaya. Daun pepaya pilih pucuknya, rebuslah dan kemudian dimakan sebagai lalap. Bisa juga dimakan sebagai lalap dengan pucuk daun pepaya secara mentah-mentah, tetapi biasanya tidak tahan dengan rasa pahitnya.
Apabiia setiap hari makan lalapan daun pepaya ini daiam wak-tu sebulan vagina sudah peret dan legit, disamping itu vagina akan memiliki bau yang sedap. Renting diingat! betapapun pucuk daun Pepaya harus dimakan sebagai lalap secara teratur setiap hari. Jangan cepat menjadi bosan. Jikalau memang dimakan secara teratur
setlap hari, berarti vagina akan terjamin kelestariannya sepanjang « hari menjadi legit dan peret setiap saat, dan akan membawa kebahagiaan dalam perkawinan. Jamumanjur.com

MENGHILANGKAN BENGKAK PADA VAGINA
Biasanya wanita yang baru saja melahirkan akan mengatami infeksi pada vaginanya. Penyebabnya mungkin saja kurang bersih dari peralatan yang dipergunakan waktu kelahiran bayi, apalagi jika waktu itu mempergunakan bantuan dukun-dukun beranak ka-renanya mungkin vagina menjadi bengkak.
Untuk mengatasi masalah tersebut di atas anda coba mengikuti petunjuk kami yang secara tradisional ini.
Caranya:
Ambillah sekepal wijen, sangai dipenggorengan sampai hangut,
kemudian tumbuklah sehingga halus, bubukan wijen tadi bungkuslah dengan kain. Waktu malam hari buka bungkusannya dan sangai di kuali, setelah panas angkat dan bungkus lagi, biarkan sampai hangat-hangat dan letakkan (kompres) bungkusan tersebut pada vagina yang membengkak, Biarkan selama kira-kira 1 jam dan j bungkusan itu dipegangi agar tertekan selama 1 jam, bungkusan tadi dipegangi agar tertekan sedikit mengenai penuh pada vagina. Jika sudah dingin, sangai lagi, biar panas dan bungkus tunggu hing-ga hangat, dipakai lagi.
Lakukan seperti tadi sampai 2 atau 3 hari. Pembengkakan pa-da vagina akan sembuh.

AGAR VAGINA JADI SENSITIF (PEKA DAN PERASA)
Kadangkala ada wanita yang hambar dalam melaksanakan ke-giatan sexual. Apaiagi pada zaman sekarang semakin banyak wanita yang menderita kelainan seperti itu.
Mereka tidak bisa menikmati pergesekan antara vagina dengan penis suaminya. Mereka kehilangan gairah sexual. Cumbu rayu dari suaminya tidak bisa membuatnya terangsang bahkan semakin sebal ia oleh tindakan suaminya itu
Untuk mengatasi hal ini anda dapat mempergunakan ramuan
tradisional. Caranya?
Ambillah seekor tokek, pangganglah sampai hangus menjadi arak, kemudian digerus menjadi bubuk halus. Waktu hendak memakannya, ambil satu sendok teh rata bubuk tokek tersebut, campurkan dengan sebutir kuning telur ayam (janganlah disertakan putihnya), aduk sampai rata dan minumlah setiap pagi selama seminggu, pasti vagina akan peka sekali terhadap sentuhan yang bagaimana perlahan sekalipun, dan ini menimbulkan rangsang yang cepat buat suatu kegiatan sexuil.
c7dv4xeiqu

MENCEGAH KEHAMILAN

August 28th, 2009 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | 12 Comments »
Dalam rangka melaksanakan keluarga berencana sebenarnya sudah diketahui sejak manusia ada di dunia. Namun belum diketahui cara melaksanakannya, dan berbeda pula dengan cara modern seperti pada masa sekarang ini.
Jika seorang ibu sudah mempunyai anak yang cukup banyak dan merasa repot atau kesukaran memelihara anak yang banyak itu. Maka untuk tidak menambahy beban yang lebih berat lagi. Bisa dilakukan upaya melakukan mencegah kehamilan dengan cara seperti apa yang tersebut di bawah ini.
1.
Ambil ragi 1/4 bulatan.
2. sesendok kecil merica.
3. Air panas 1/2 gelas.
4. 3 tetes air cuka.

Cara membuatnya:


Gilaslah merica sampai halus (lembut) kemudian semua bahan diaduk menjadi satu hingga merata. Ramuan ini diminum sesudah terlambatdatang bulan sehari. Lakukan berturut-turut sampai empat hari dengan cara secamam ini mudah-mudahan anda berhasil.

MENGHENTIKAN KEHAMILAN

Memang sifat manusia selamanya tidak pernah merasa puas. Tidak punya anak merupakan masalah yang sering bikm kepala jadi pusing dan hidup terasa hampa, tetapi i anak yang berlebihan jumlahnya juga bukannya tugas yang ringan dalam sehari-hari buat ibu-ibu rumah tangga maupun suaminya, yang jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Bagi mereka yang merasa memiliki cukup dengan jumlah anak-anaknya dan tidak mau mempunyai anak lagi, dapat memakai ramuan jamumanjur.com ini :
Ambillah 2 batang kunyit sepanjang tiga centimeter dengan besarnya sebesar jari kelingking. Pangganglah di atasapi yang kecil dan memanggangnya usahakan agar kunyit itu tidak sampai hangus. Setelah memanggangnya 2—3 menit, tumbuklah kunyit itu sampai halus. Campurkan 1/2 sendok teh garam dapur, beri air satu gelas. Lalu peraslah dan saringlah.
Ambil airnya, minumlah. Ramuan ini anda minum selama 1 minggu, setiap pagi dan malam hari, niscaya si bungsutak menda-
pat adik.

Kelamin Laki-laki

August 28th, 2009 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | 2 Comments »
MENGATASI KELEMAHAN KELAMIN
Biasanya seorang lelaki yang masih muda sudah terserang penyakit kelemahan, baik kelemahan badan maupun kelemahan yang khusus pada alat kelamin maka dengan demikian buatlah minuman-minuman yang terdiri dari delima, dengan teori-teori seperti dibawah ini, sebab hal tersebut akan membawa kagunaan, juga bisa menghilangkan sakit kepala dan menghindarkan penyakit kuning dan rupa-rupa penyakit memeran.
Caranya:
Ambillah delima yang kecut peras dan ambillah airnya kira-kira 100% lantas gula 50% jadikanlah diatas api hingga mengental seperti madu, turunkan kemudian telah dingin siap di simpan kapan saja dibutuhkan. Jamumanjur.com mendoakan cepat sembuh.
BURUNG JALAK HITAM
Biasanya burung tersebut sangat disenangi banyak orang, baik di kota maupun di desa-desa, tapi kebiasannya hanya disenangi bentuk dan suaranya saja. Sebenarnya burung tersebut juga mengandung khasiat yang sangat unik. Misalnya:
1. Dapat menyembuhkan lemah syahwat.
2. Dapat menahan air mani/sperma yang mudah keluar.
3. Dapat mengobati sesak napas.
Adapun cara-cara membikin obatnya:
Sembelihlah burung jalak hitam, lalu ambil ernpedunya, oleskan pada kepala dzakar anda yang sedang mengalami kelemahan syah¬wat.
Dan bisa anda tambah dengan rninyak bijan (wijen bhs. jw.) Mak-sudnya supaya dapat bertambah banyak tidak segera habis. Insya Allah dengan ketekunan anda penyakit lemah syahwat akan segera sembuh, dan juga dapat menahan air mani yang mudah/cepat ke¬luar, dan begitu pula dapat merasakan nikmatnya di waktu anda berhubungan sexuil.
Jika anda menderita sesak napas, maka daging burung itu bakarlah sampai sungguh-sungguh masak. Anda bubuhi dengan asam sedikit, garam sedikit, lombok sedikit, merica/lada sedikit, gula jaw a juga sedikit.
Setelah ditumbuk halus dan melumat maka gosok-gosokkan sam¬pai merata pada daging jalak yang anda bakar tadi.
Setelah dingin makanlah sehari 3 kali, niscaya akan lenyap se¬sak sakit napas anda. Akan cepat-cepat sembuh penyakit anda.
Ulangilah resep tersebut bila anda belum merasakan khasiat-nya yang past! bagi diri anda sendiri. Sesudah diulangi tentu anda akan merasakan khasiatnya.

MEMPERBESAR PENIS
Sebenarnya biar senjata kecil atau sedang kalau kuat dan *e9ang past! bisa memuaskan kedua belah pihak, namun jika Senjata atau penis anda kecil dan lemah cobalah berusaha ^srnperbesarkannya dengan cara di bawah ini.
BAHAN-BAHAN :
1 Sendok makan Adas pulosari.
2 Ekor lindung atau BELUT liar (bukan yang diternakkan). 4-5 pucuk benalu cemara (banyakterdapat disisi batang cemara).
CARANYA :
Belut dipotong antara tubuh dan kepalanya, ambil kepalanya saja. Panggang kedua kepala belut tersebut di atas api hingga hangus dan menjadi arang. Lalu digerus sampai menjadi bubuk yang halus. Adas pulosari dan pucuk benalu cemara ditumbukjadi satu, kemudian disaring dan ambil sarinya saja kurang lebih seperempat cangkir.
Campurkan bahan tersebut dengan bubuk kepala belut Sebanyak setengah sendok teh.Sisa bubuk kepala Belut yang lain dapat dipergunakan untuk hari berikutnya. Selanjutnya aduk sampai rata, lalu campurkan ludah basi (ludahyangdiambil habisbanguntidurpagi hari) aduk yang rata, gunakan bahan ramuan ini untuk mengurut penis.
Caranya mengurutnya dari atas ke pucuk penisyaitu mengurut menurun. Lama pengurutan kurang lebih 10 menit, bahan ramuan di atas untuk sekali pakai. Esok paginya buat ramuan baru. Lakukan cara ini sampai satu bulan penuh, biasanya hasilnya sudah nampakdan memuaskan, penis akan membesar dan kuat.

. MENGUATKAN PENIS (ZAKAR)
Setiap lelaki akan merasa bangga jika dia mempunyai buah za-kar (penis) yang besar dan panjang.
Karena pada saat bersetubuh jika lelaki penisnya tidak bisa tegak dan membesar, maka pasahgannya akan merasa kecewa. Bisa men-jadikan si wanita tidak puas. Kalau kebiasaan ini sampai berlarut-larut akhirnya istri akan putus asa. Akibatnya ia akan mencari ke-puasan dengan lelaki lain. Wah! bila sudah begini perkawinan su¬dah berada di pintu kehancuran.
Untuk menghindari hal-hal yang memungkinkan terjadi, anda Para lelaki ikutilah nasehat kami ini agar penis lebih kokoh dan tegak kuat kaku, maka dapat dipergunakan ramuan-ramuan yang murah dan mudah, didapat namun harganya murah sekali.

Caranya:
Ambillah daun jarak dan daun jeruk nipis, yangditumbuk sampai
halus, kemudian borehkan pada batang penis selama 1 jam.
Lakukan setiap hari waktu terbangun tidur, dapat anda lakukan
apabila sedang dalam kamar kecil (we) sehingga tidak membuang
waktu.
Jika anda mau melakukan dengan teratur, dalam waktu singkat saja, kira-kira 1 bulan, penis akan tegak kokoh dan kuat sekali.

PENYAKIT KELAMIN 2
Macam penyakit kelamin itu banyak sekali, ada yang berdarah -pada sekitar kemaluan dan juga tumbuh bisul-bisul .kecil yang bernanah, pokoknya penderita penyakit seperti itu biasanya harus mendekam di rumah sakit harus sampai sembuh. Tetapi kebanyakan dari penderita tersebut merasa sangat malu untuk diopname, langkah untuk mengobati alat kelamin dan untuk rasa malu anda cobalah resep-resep kami ini dilaksanakan.
Caranya:
— Ambillah daun kobis yang sudah tua kemudian iris-irislah sampai halus.
— Bawang putih secukupnya iris juga sampai merata.
— Bawang merah secukupnya iris sampai rata. Lalu taruhlah dalam panci atau sejenisnya, dan embun-embunkan-lah pada waktu malam di atas atap (tapi ingat jangan sampai terkena hujan). Keesokan harinya remas-remaslah bahan-bahan tadi dan bubuhilah air Ifmau nipis sedikit. Kemudian ambillah airnya untuk diminum setiap pagi. Insya Allah bila anda tekun cara peng-obatan ini penyakit yang anda derita akan hilang dengan waktu ti-dak begitu lama.
SAKIT KENCING NANAH (GONORHOE)
Penyakit ini disebabkan oleh kuman diplo coccus, yang ber bentuk bulat mirip dengan biji kopi, dan hidupnya berpasangan. Pada penderita laki-laki terdapat radang dari saluran air sen! yang mengeluarkan lendir bernanah, sehingga menetes terus-menerus dari lobang kencingnya. Apabila kencing, maka kencingnya terasa panas sekali, maka kebanyakan penderita membatasi minumnya dengan harapan agar tidak sering-sering kencing. Tiap kali sehabis kencing, maka penderita harus mencuci tangannya hingga bersih. Sebab kuman yang melekat pada tangannya itu sangatlah berbahaya sekali jika sampai masuk di mata. Penyakit gonorhoe dapat menjalar terus sampai buah zakar sehingga membuat kerrrandulan pada laki-laki.
Apabila pada wanita kuman-kuman tersebut meradang seluruh selaput lendir dari kemaluan sehingga menyebabkan keluarnya len¬dir bernanah dari lubang kemaluannya yang biasa disebut darah putih atau piktay.
Karena ketambahan kuman-kuman lain yang masuk dari luar, maka darah putih ini sering berbau tidak sedap dan bisa menye¬babkan gatal-gatal di kulit sekitar vaginanya. Pada wanita, saluran air seni letaknya terpisah dari lubang kemaluannya, pada permula-an sakit gonorhoe kencingnya tidak terasa panas atau nyeri, tapi lama-kelamaan kumannya menjalar ke saluran air kencing hingga kemudian kencingnya juga terasa panas dan sakit.
Jika andapun kebetulan mengalami sakit yang demiktan, maka caranya turutlah resep kami dibawah ini:
1. Serbuk dari kayu cendana 1 sendok ten.
2. 20 butir buah kemukus.
3. 20 helai daun kumis kucing (remujung)
Setelah semua bahan anda dapatkan, makatumbuklah semua, lalu rebuslah dengan air 1 gelas selama 10 menit. Lalu saringlah, me-minumnya ditambah dengan gula jawa atau madu, setiap hari 2 kali atau 3 kali. Dan tiap kali pengobatan dibuat lagi rebusan baru.
Selain itu ada lagi resep yang agak berbeda:
— Ambillah kulit kamboja 2 jari tangan.
— 20 helai daun kumis kucing.
Kulit kambojanya ditumbuk halus lalu direbus bersama-sama de¬ngan 2 gelas air minum, selama 15 menit.
Sesudah disaring lalu diminum dengan gula batu, 2 kali sehari satu gelas. Dan tiap kali akan mengobati supaya membuat rebusan yang baru.
Dengan menggunakan cara seperti itu, maka penyakit yang berbahaya seperti tersebut akan sembuh. Penyakit gonorhoe dapat menyebabkan kemandulan bagi perempuan juga lelaki. Jika menjangkiti wanita yang kebetulan hamil penyakit tersebut tidak dapat menyerang bayi yang berada dalam kandungan. Tetapi saat bayi itu lahir hendaknya harus melalui jalan yang penuh dengan penyakit/kuman-kuman yang berbahaya terutama bagi mata bayi.


JAMU / OBAT SAKIT JANTUNG

August 26th, 2009 -- Posted in Jamu, PENYAKIT, TIP DAN TRIK | No Comments »
Jantung merupakan pusat peredaran darah. Jadi boleh juga di-katakan bahwa jantung itu adalah merupakan pusat hidup. Bagi orang yang menderita penyakit jantung dapat disamakan: sebelah kakinya berpijak di atas kuburan. Bagi penderita penyakit jantung bila sampai mengalami pembengkakan pada jantungnya, maka akan mengalami rasa nyeri dan sakit pada jantungnya. Apabila ada orang yang mengalami sedemikian rupa, maka ada resepnya, maka dianjurkan agar mencoba memakai resep di bawah ini:
Bahannya:
1. Ambillah 3 lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya (temorose – bahasa jawanya).
2. Ambillah 3 bungkul sedang bawang merah.
3. Ambillah 4 buah biji buah kemukus (7 jodoh)
4. Ambil pula 1 sendok kecil jintan putih.
Setelah anda mendapatkan ini semua, maka sekarang cara membu-atnya adalah seperti di bawah ini:
Daun sirih, bawang merah dan kemukus dicuci bersih-bersih, sedangkan jintan putih tidak usah dicuci. Lalu tumbuklah ke-empat bahan ini sampai halus, kemudian bubuhilah dengan air 4 sendok makan, setelah anda saring bersih, maka minumlah air dari .ramuan tersebut dua kali sehari/pagi dan sore. Insya Allah penya¬kit jantung tersebut akan jadi sembuh. Lakukan secara rutin.

RAMUAN JAMU KHUSUS DIABETES

August 26th, 2009 -- Posted in Jamu, PENYAKIT, TIP DAN TRIK | No Comments »
Petai cina adaiah petai yang pipih dan lebih kecil dari petai yang biasa kita sayur atau lalap. Dan petai cina inilah yang dapat dipergunakan sebagai obat yang paling mujarab buat penderita diabetes.
Caranya:
Ambillah beberapa batang petai cina yang sudah tua dan su¬dah kering di pohon. Kupas kulitnya dan keluarkan biji-biji petai cina tersebut:
Sediakan wajan, sangai (goreng tidak pakai minyak) biji-biji petai cina tersebut sampai matang. Lalu tumbuklah sampai halus, seperti bubuk kopi
Cara menggunakannya:
Dapat dimakan begitu saja satu sendok rata seperti makan obat, didorong kemudian oleh air yang kita minum. Tapi bisa juga satu sendok bubuk biji petai cina diseduh dalam cangkir dan minumlah hangat-hangat bersama ampasnya. Lakukanlah dua kali dalam sehari, yakni pagi dan malam hari. Jika kita memakai bubuk Petai cina ini secara teratur tiap hari, maka membuat kita sembuh dan terhindar dari “positif diabetes”
Bubuk petal cina yang telah disangai inipun bisa dipergunakan sebagai pencegahan diabetes. Mereka yang memiliki gejala-gejala akan terkena diabetes, dapat mempergunakannya segera, dengan cara yang sama seperti tadi, yaitu dua kali setiap hari meminum 1 sendok bubuk petal cina yan telah disangai.
Dengan izin Tuhan anda akan sembuh.

MELENYAPKAN AMANDEL TANPA OPERASI

August 26th, 2009 -- Posted in Jamu, PENYAKIT, TIP DAN TRIK | 3 Comments »
AMANDEL jika tengah membengkak, akan membuat orang yang memilikinya demam dan tubuhnya panas, disamping napas-nya sesak juga sulit menelan.
Tetapi kalau kita mau mempergunakan resep tradfsiona! ini, Amandel bisa dilenyapkan tanpa dioperasi.
Ambillah daun benalu yang tumbuh dipoh jeruk nipis, ditam-dengan adas pulowaras, keduanya secukupnya, lalau ditumbuk sampai halus, diberi air sedikit, disaring dan diambil air perasan-nya. Dan air perasannya inilah yang diminum oleh penderita. Jika sudah meminum air perasan ini sebanyak 10 kaii, niscaya Aman¬del akan menjadi kempis dan lenyap sama sekali, tidak akan ku-mat lagi dantak akan membengkak lagi.

MENGOBATI AMANDEL 2
Penyakit amandel merupakan penyakit yang berbahaya kare-na obatnya haruslah dengan cara mengoperasi. Penyakit amandel adalah penyakit yang bengkak pada kelenjar leher, amandel dapat dicegah dengan cara menghindarkan makanan yang lezat, tidak mi-num susu terlalu banyak dan tidak makan jenis kue yang bergula. Penyakit ini dapat diobati dengan perasan limau nipis/jeruk purut, perasan kunyit dan madu murni.



JAMU MANJUR

Semangka, Efektif Merampingkan Perut

August 7th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Buah apa sih yang manis dan segar sehingga efektif dalam menghilangkan dahaga? Mungkin Anda akan menyebut semangka. Serunya, semangka ternyata memiliki banyak kelebihan yang tak terduga.
Seperti tomat, semangka mengandung lycopene, antioksidan yang membantu melawan penyakit jantung dan mengurangi berbagai tipe kanker, khususnya kanker prostat. Bahkan, menurut USDA Caratenoid Database, kandungan lycopene pada semangka lebih tinggi di antara sayuran dan buah-buahan lain.
Semangka tergolong buah yang bebas lemak, rendah kalori, dan karenanya dianggap sebagai makanan untuk diet yang ideal. Meskipun begitu, buah ini menjadi sumber energi yang baik. Semangka juga bisa menjadi asupan multivitamin. Dengan mengonsumsi dua cangkir semangka saja (yang sudah dipotong-potong), Anda sudah mendapatkan asupan vitamin A, B6, dan C.
Vitamin A, seperti sudah Anda ketahui, baik untuk kesehatan mata. Konsumsi buah ini secara teratur bisa membantu mencegah rabun senja dan mendongkrak kekebalan dengan cara meningkatkan fungsi melawan infeksi dari sel-sel darah putih yang disebut lymphocytes.
Adapun vitamin B6-nya digunakan tubuh untuk memproduksi senyawa kimia pada otak, seperti serotonin, melatonin, dan dopamin. Dalam berbagai penelitian sebelumnya terlihat, senyawa kimia ini membantu tubuh mengatasi kegelisahan dan kepanikan. Vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein menjadi energi.
Adapun vitamin C berfungsi membantu menguatkan sistem kekebalan untuk melawan infeksi dan virus, menyembuhkan luka, mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas (yang dapat mempercepat penuaan dan kondisi seperti katarak), serta membantu kesehatan gigi dan gusi.
Dua cangkir semangka juga menjadi sumber potasium, mineral yang diperlukan untuk keseimbangan air dan ditemukan di dalam setiap sel. Potasium juga membantu memelihara kadar elektrolit pada tubuh dan keseimbangan asam-basa, serta membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Tak kalah pentingnya, potasium juga membantu fungsi otot dan saraf.
Lalu, bagaimana semangka membantu mengecilkan perut?
Seperti telah disebutkan di awal tulisan, semangka baik untuk menghilangkan dahaga. Buah dengan kombinasi warna hijau, putih, dan merah ini memiliki kandungan air yang tinggi, dan membantu mencegah dehidrasi. Kondisi dehidrasi umumnya menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air sehingga menimbulkan pembengkakan dan perut kembung. Pada saat itu, Anda disarankan untuk banyak minum air putih.
Dengan mengonsumsi semangka, Anda membuat tubuh terhidrasi. Ketika tubuh cukup terhidrasi, metabolisme akan meningkat. Nah, metabolisme yang lebih tinggi ini akan membuat lebih banyak kalori yang terbakar per hari. Karena mengandung diuretik alami, semangka juga akan membuat Anda sering buang air kecil. Dengan sendirinya, perut yang membuncit akibat kembung pun akan mengempis.

Selain semangka, ada beberapa jenis makanan lain yang “ramah perut”, seperti:
Blueberry enelitian terbaru mengaitkan buah yang kaya antioksidan ini dengan pengurangan lemak perut.
Asparagus :Sayuran yang enak dibikin sup ini merupakan diuretik alami yang membantu menghilangkan berat air.
Salmon : Makanan yang kaya lemak omega-3 ini membantu melancarkan pencernaan.
Buah sitrus : Memasukkan perasan buah-buahan sitrus ini ke dalam air minum juga akan melancarkan pencernaan. dikutip dari kompas.com


Hindari Makanan Kolesterol Tinggi!

August 5th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Percaya akan bahan alami merupakan hal yang harus dilakukan agar kita semua bisa hidup lebih sehat dan nyaman. JAmu manjur kali ini membahas masalah makan ber kolesterol tinggi, yang setiap hari ditemui, dan biasanya kaum muda sangat menggemari. Padahal ini sangat berbahaya
Berdasarkan riset ilmuwan dari Universitas California, San Francisco, dan diterbitkan di jurnal Annals of Internal Medicine, kaum muda usia 20-an perlu memerhatikan kolesterol. Bila kadarnya tinggi, maka kolesterol dapat merusak pembuluh darah dan memicu sakit jantung.
Dalam risetnya, tim yang dipimpin Dr Mark Pletcher memantau kelompok responden berusia 18 hingga 30 tahun. Pemantauan ini dilakukan selama 20 tahun. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa tingginya kolesterol pada usia yang relatif dini meningkatkan risiko sakit jantung dan stroke saat menginjak usia lanjut.
“Kami biasanya tidak terlalu khawatir tentang risiko penyakit jantung yang menimpa kalangan muda karena biasanya kondisi itu hanya menimpa orang yang sudah berumur. Tapi, anak muda juga penting menjaga kolesterolnya karena kolesterol berdampak pada pembuluh darah Anda nantinya,” kata Pletcher.
Pletcher dan timnya mengkaji lebih dari 3.200 data responden (terdiri dari perempuan dan laki-laki kulit hitam dan putih). Mereka yang memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi di usia muda berisiko lebih besar terkena penyakit jantung, terlepas dari kadar kolesterol mereka yang akan menurun nantinya.
Pletcher mengatakan, berdasarkan riset itu, tidak berarti anak muda harus minum obat penurun kolesterol. Namun, mereka harus menjaga apa yang mereka makan.
“Diet dan olahraga lebih bermanfaat bagi anak muda daripada obat penurun kolesterol larena kami tidak memiliki data yang cukup membuktikan bahwa obat tersebut berdampak langsung dan aman untuk merekomendasikan pada anak muda,” kata Pletcher.
Dalam riset sebelumnya, Pletcher menemukan bahwa tekanan darah tinggi pada usia muda memicu risiko lebih tinggi mengidap penyakit jantung koroner di kemudian hari.
Atas dasar itu, Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan agar setiap anak muda berusia 20 tahun atau lebih untuk mengikuti tes kolesterol setiap lima tahun sekali. Mereka yang memiliki kadar kolesterol 200 miligram per desiliter darah berisiko terkena penyakit jantung.
Penelitian ini dianggap penting karena menurut Asosiasi Jantung Amerika, 17,6 juta warga Amerika diperkirakan mengidap penyakit jantung koroner. Adapun penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat dan negara-negara industri lainnya.

Peregangan Kilat di Meja Kerja

August 2nd, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Sudah Senin lagi dan ini artinya, daftar kerjaan yang harus kita lakukan baru saja dimulai. Dalam hukum keterkaitan, ini akan membuat kita harus lebih banyak duduk di belakang meja komputer. Akhirnya semakin tegang pula otot leher, bahu, dan punggung kita.
Ketidaknyamanan fisik ini membuat hari yang sudah super sibuk, menjadi semakin tidak menyenangkan. Tapi kini, bersama Prevention, kita hentikan siklus ketegangan tersebut tanpa harus meninggalkan meja kerja kita.
Dalam latihan yang hanya membutuhkan waktu 30 detik ini, kita diminta untuk duduk dengan punggung pada sandaran kursi, lalu rebahkan torso ke depan menempel pada paha. Gerakan peregangan ini baik untuk punggung, leher dan pinggul kita. Tapi, kekuatan utama dari gerakan ini adalah membantu kita merasa cukup tenang dan membiarkan napas kita lebih dalam dan lambat. Trik ini juga sangat ampuh untuk mengatasi stres.
Berikut langkah- langkah peregangan yang bisa kita lakukan di meja kerja :
• Mundur sedikit ke bagian belakang bangku, dan usahakan paha kita berada di atasan dudukan bangku.
• Pastikan kedua telapak kaki menempel dan beristirahat di lantai. Jika belum bisa, turunkan bangku kita sedikit.
• Buka lebar lutut dan pastikan kedua telapak kaki berada tepat di bawah lutut. continue reading »


10 Kerugian akibat Kurang Tidur

July 30th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Anda pernah merasa uring-uringan dan pusing? Mungkin saja hal itu akibat kurang tidur. Jangan pernah anggap remeh keadaan ini! Kurang tidur dapat memengaruhi kehidupan seksual, daya ingat, kesehatan, penampilan, dan bahkan membuat tubuh Anda “melar”.
Berikut ini 10 hal mengejutkan yang terjadi akibat kurang tidur:
1. Kecelakaan
Kurang tidur adalah salah satu faktor bencana terbesar dalam sejarah selain kecelakaan nuklir di Three Mile Island tahun 1979, tumpahan minyak terbesar Exxon Valdez, krisis nuklir di Chernobyl 1986, dan lain-lain.

Terdengar berlebihan, tapi Anda harus sadari kurang tidur juga berdampak pada keselamatan Anda setiap hari di jalan. Mengantuk dapat memperlambat waktu Anda mengemudi, yang setara ketika Anda mabuk saat menyetir.
Sebuah penelitian yang dilakukan Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika menunjukkan bahwa kelelahan merupakan penyebab 100.000 kecelakaan mobil dan 1.500 kematian selama setahun di AS. Korbannya orang di bawah umur 25 tahun.
Studi yang sama menunjukkan, jika Anda kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang rendah, maka hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja. Dalam sebuah penelitian, pekerja yang mengeluh mengantuk berlebihan pada siang hari rentan terluka saat bekerja dan secara terus-menerus mengalami kecelakaan yang sama saat bekerja.
2. Konsentrasi menurun
Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat memengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam “menguatkan” memori dalam pikiran. Jika tidak cukup tidur, maka Anda tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian.

3. Masalah kesehatan serius
Gangguan tidur dan kurang tidur tahap kronis dapat membawa Anda pada risiko:

* Penyakit jantung
* Serangan jantung
* Gagal jantung
* Detak jantung tidak teratur
* Tekanan darah tinggi
* Stroke
* Diabetes
continue reading »

Siapkan Kopi Arab dan Kurma

July 29th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
BULAN Ramadan sebentar lagi tiba. H M. Fathony Abdullah mulai mempersiapkan kopi Arab dan kurma. Buat apa?
Di sepanjang Ramadan, tempat makan yang menyajikan masakan khas Timur Tengah itu dipenuhi pelanggan setiap menjelang berbuka. Banyak yang memesan untuk berbuka di sana atau sekadar membungkus masakan untuk dibawa pulang. ”Biasanya, para pembeli kemari setelah mereka pulang kantor,” ungkap pria 52 tahun itu.
Meski baru pulang kantor, para pembeli tidak perlu khawatir berbuka puasa di tempat makan milik pria kelahiran Surabaya tersebut. Untuk takjil, bapak empat anak itu selalu menyediakan secara gratis bagi seluruh pembeli. Sajiannya, kopi Arab dan buah kurma. ”Setiap tahun kami selalu menyediakan takjil tersebut,” ujarnya.
Selain menjalankan perintah agama, sajian itu merupakan bentuk berbagi kepada sesama. Dia juga meniatkan untuk menjamu para pembeli supaya mereka tidak kebingungan mencari makanan pembuka sebelum menyantap hidangan utama yang mereka pesan. ”Berbuka dengan kurma itu sunah,” katanya.
Biasanya, lanjut Fathony, setelah berbuka dengan takjil yang disediakan, para pembeli tidak langsung makan. Mereka memilih untuk menunaikan salat Magrib. Nah, ketika pelanggan salat itulah, para pelayan dan Fathony menyajikan hidangan. ”Setelah salat, semua hidangan sudah siap dan tinggal disantap,” tuturnya.

Diet Asal-asalan Bikin Tulang Rapuh

July 27th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Memiliki tubuh ramping dan enak dipandang adalah impian setiap wanita. Untuk mewujudkannya, mereka kerap tidak ragu menjalani serangkaian diet guna mencapai bentuk tubuh ideal.
Salah satunya adalah dengan berhenti mengonsumsi produk susu dan melakukan fad diet, sejenis diet populer di Barat yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat. Padahal, diet asal-asalan itu dapat menyebabkan wanita berisiko terkena osteoporosis atau keropos tulang.
Para ahli belum lama ini menyampaikan peringatan bahaya diet yang tidak tepat. Penelitian menunjukkan, hampir sepertiga perempuan di Inggris berambisi melangsingkan badan hingga mereka harus berhenti mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium.
Peringatan itu dikeluarkan selang beberapa pekan setelah aktris Gwyneth Paltrow mengungkapkan bahwa dirinya menderita osteopenia, atau penipisan tulang yang dapat menjadi cikal bakal osteoporosis. Aktris 37 tahun itu menjalani diet ketat rendah keju, mentega, susu, dan makanan lain yang kaya kalsium yang berguna untuk penguatan tulang.
Sebuah jajak pendapat di Inggris terhadap kebiasaan makan 4.500 wanita menemukan bahwa 30 persen mengaku menghindari seluruh jenis makanan tersebut demi impian tubuh ramping.
Sebanyak 28 persen dari pelaku diet itu mengatakan mereka berhenti mengkonsumsi keju. Sementara 11 persen menyatakan mencoret semua produk susu dari menu. Lebih dari 41 persen tak lagi mengonsumsi roti, padahal roti ini telah diperkaya kalsium yang baik bagi tulang.
Sekitar 26 persen responden mengatakan, mereka hanya melihat kandungan lemak dan kalori pada label makanan serta mengabaikan informasi lainnya tentang kandungan gizi. Padahal, kekeliruan ini bisa berdampak pada kegagalan membangun struktur tulang yang kuat pada usia 35, yang berujung pada meningkatnya risiko osteoporosis di kemudian hari.
Faktaannya, diet asal-asalan ini ternyata diikuti tiga juta orang di Inggris. Di mana ditemukan lebih dari 230.000 kasus tahun patah tulang setiap tahunnya dengan kondisi tulang paling rapuh terdapat pada pergelangan tangan, punggung, dan pinggul.
The Food Standard Agency telah merekomendasikan kebutuhan kalsium per hari untuk dewasa mencapai 700 mg, yang dapat diperoleh dari beragam jenis makanan atau pun lewat diet erimbang.
Kalsium selain terdapat pada roti dan produk susu juga bisa ditemukan pada brokoli, kubis, tahu, dan kacang. Sementara untuk menambah asupan mineral, Anda dapat mengonsumsi sarden atau ikan yang dimakan beserta tulangnya.
“Riset terbaru ini menyoroti bahwa tampilan tubuh ideal harus dibarengi oleh tulang yang sehat. Di mana kalsium dan lemak meminkan peranan penting dalam membangun struktur tulang yang kuat. Sementara diet asal-asalan yang dilakukan dapat merapuhkan tulang Anda,” ungkap seorang juru bicara dari National Osteoporosis Society.
“Ada banyak tekanan untuk menjadi langsing, tapi hal itu bisa dikompromikan apabila Anda tetap ramping, tetapi tulang Anda sehat. Jika Anda ingin tetap langsing, tetapi tulang anda tetap kuat cobalah produk susu rendah lemak yang kaya kalsium. Sebagai contoh, susu skim memiliki kalsium lebih tinggi dibanding susu full cream,” ujarnya. LONDON, KOMPAS.com —


BAU HARUM YANG MENYEHATKAN

July 27th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Tahukah Anda bahwa indera penciuman manusia mampu mengenali ribuan aroma dan 10.000 kali lebih akurat dibanding indera pengecapan? Itu sebabnya, aroma tertentu bisa membantu kita menurunkan kadar stres, memperbaiki mood, atau mengurangi rasa sakit.
Mengurangi hasrat “ngemil” bAU HARUM yang Anda sukai ternyata bisa membantu mengurangi hasrat tak tertahankan untuk ngemil. Demikian menurut Alan Hirsch, MD, pendiri Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, AS. Dalam salah satu risetnya, ia menyuruh orang-orang yang kegemukan untuk menghirup aroma pisang, apel hijau, dan pepermin ketika mereka merasa lapar. Ternyata mereka mampu mengurangi bobot tubuhnya lebih banyak dibanding orang yang tidak mencium aroma segar itu.
Menenangkan
Di sela kesibukan kerja yang menguras konsentrasi dan stres, teteskan minyak beraroma jeruk atau lavender. Dalam studi di Austria, para peneliti meminta responden mencium aroma jeruk dan sebagian lagi mencium aroma lavender. Ternyata kedua kelompok itu merasa cemas mereka berkurang. Mereka juga merasa lebih positif dan lebih tenang dibanding dengan responden yang tidak mencium aroma apa pun.

Belajar sesuatu yang baru
Menjelang presentasi di hadapan klien penting atau Anda diminta mempelajari software terbaru yang bikin kepala pusing, berikan percikan wangi rosemary di sekitar Anda. Dalam sebuah studi, 48 mahasiswa yang diberikan paparan aroma rosemary mengaku mereka lebih mampu berkonsentrasi dan mengerjakan soal ujian lebih baik.

Melawan sakit
Ada cara alami untuk mengurangi nyeri atau sakit tanpa obat-obatan medis. Caranya, dengan mencium aroma lavender atau pepermin. Hal ini sudah dibuktikan pada pasien yang menjalani prosedur laparoskopi gastrik bypass operasi. Selama operasi, mereka menggunakan masker yang ditetesi minyak lavender atau pepermin. Ternyata mereka hanya butuh dosis analegik lebih kecil pasca-operasi. Pepermin juga diketahui mengurangi sakit kepala.

Mengurangi nyeri haid
Studi yang dilakukan di Korea terhadap wanita yang sering menderita nyeri haid menyebutkan, mereka yang rutin melakukan pijat dengan minyak esensial setidaknya satu minggu sebelum periode menstruasi melaporkan, rasa nyeri dan kram perut mereka berkurang hingga setengahnya.

Meningkatkan gairah
Aroma bedak bayi bersama dengan wangi mentimun dan licorice ternyata mampu meningkatkan aliran darah ke vagina hingga 13 persen. Demikian juga dengan lavender dan pie labu. Anda bisa mendapatkannya dengan mengoleskan bedak bayi di kulit setelah mandi atau menyiapkan makan malam dengan menu mentimun segar.

Tidur lebih nyenyak
Tentu ada alasan kuat mengapa sejak ratusan tahun orang menaruh bunga lavender di balik bantal mereka. Penelitian menunjukkan, aroma lavender membuat seseorang tidur dalam lebih lama dan juga mengatasi insomnia ringan. Ingin tidur lebih nyenyak? Perciki sedikit wangi lavender di sekitar kamar sebelum waktu tidur.



Berikan Makanan Terbaik untuk Ibu Baru

July 26th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
setelah melahirkan pada minggu pertama merupakan saat di mana tubuhseorang ibu sedang dalam proses pemulihan. Ibu juga harus menghadapi perubahan hormon pascamelahirkan.
Jika tak pintar-pintar menjaga kondisi tubuh, peran sebagai ibu baru ini akan sangat melelahkan.
Bagi beberapa ibu, jika tak segera diatasi, kondisi ini bisa menimbulkan baby blues, bahkan postpartum depression (PPD) – kondisi di mana seorang ibu yang baru melahirkan mengalami depresi karena tidak siap menyesuaikan diri dengan keadaan pascamelahirkan. Tanda-tandanya seperti insomnia, perubahan nafsu makan, kesedihan yang terus-menerus sepanjang hari, hingga munculnya pikiran yang merugikan diri sendiri bahkan bayinya.
Salah satu cara menyiasatinya cukup sederhana: melalui makanan. Lewat makanan, Moms dapat mempercepat proses pemulihan, mempengaruhi mood, sekaligus meningkatkan kualitas ASI. Semua makanan itu juga harus dijaga dan diperhatikan. PAntangan Ibu Menyusui adalah makan sambel (cabe mahal dan mempengaruhi ASI), dan kurangi makan kerang, makanan bertrasi karena mempengaruhi produksi ASI.

Rahasia Anti Lelah

July 24th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Pernahkah kita penasaran mengapa energi cepat sekali tergerus dari dalam tubuh sehingga rasa letih dan tak bergairah sering kali mampir hingga membuat “awan” di kepala kita kelabu.
Prevention telah menggodok beberapa penelitian terbaru mengenai tidur, metabolisme, stres, dan kronobiologi demi mengidentifikasi waktu yang paling rentan bagi kita untuk mengalami kelelahan. Dengan bantuan para ahli, Prevention juga membuatkan strategi paling mudah bagi kita untuk melawan masalah tersebut.
Berikut delapan rahasia yang akan dapat memastikan kita bangun pagi dengan perasaan segar dan “terisi”, tetap terjaga sepanjang hari, serta membuat kita tidur nyenyak pada waktunya.
1. Kapan harus bangun tidur
Dibanding tidur-tiduran, lebih baik biasakan diri untuk bangun pagi pada jam yang sama setiap hari, dan bersahabatlah dengan cahaya. Cara ini akan membuat sirklus sirkadian atau jam biologis tubuh tetap bekerja selaras selama 24 jam setiap hari.
Dengan “absennya” cahaya, siklus bangun-tidurnya tubuh kita akan mengalami penundaan sekitar 12 menit setiap hari dan harus bekerja selama 24,2 jam. Jika kondisi ini dibiarkan dan kita tetap bangun pada jam yang sama, jangan heran kalau tubuh kita sering lelah.
Agar jam biologis kita bisa berjalan tepat waktu, targetnya 30 menit terkena paparan cahaya setiap hari. Bahkan, saat hari Sabtu sekalipun di mana kita lebih sering menggunakannya untuk tidur lebih lama. Cara yang mudah: berjalan kaki keluar rumah selama 30 menit atau menyantap makan pagi dengan jendela terbuka. Jika jadwal memaksa kita untuk bangun saat matahari belum muncul, kita bisa menggunakan lampu di dalam rumah.
continue reading »

Incoming search terms for the article:


Tidak Semua Es Bikin Anak Flu

June 25th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
DALAM masa pertumbuhannya, pencernaan anak-anak masih begitu rentan terhadap segala macam penyakit. Tak heran jika orangtua memberikan perhatian besar pada masalah ini. Apalagi, makanan memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Namun, bisakah Moms mengontrol makanan yang mereka konsumsi selama 24 jam?
Istilah “jajan” lekat sekali dengan keseharian anak-anak terutama ketika memasuki bangku sekolah. Dapat dipahami karena waktu mereka banyak dihabiskan di sekolah. Para ibu khawatir karena jajanan tersebut belum tentu terjaga kebersihannya dan belum tentu memberikan manfaat. Tidak heran jika jajan identik dengan sesuatu yang tidak bergizi.
Berdasarkan survei yang dilakukan tim VitaCharm, es menjadi salah satu dari tiga jajanan paling disukai anak-anak. Menurut anak- anak, es menyenangkan, dingin, dan manis. Sayangnya, es paling dikhawatirkan para ibu sebagai jajanan yang tidak sehat.
Moms pasti sering khawatir kalau si kecil sakit setelah mengonsumsi es. Di benak Moms, es dapat membuat batuk, pilek, dan es yang tidak bersih dapat menyebabkan diare. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, namun masih ada hal yang bisa menjadi pertimbangan.
“Secara ilmu kedokteran, tidak ada hubungan antara flu dengan makan es. Makan es itu boleh saja, sejauh apa yang dikandung dalam es bermanfaat bagi anak- anak, misalnya jajanan es terbuat dari susu. Susu mengandung kalsium yang mendukung pertumbuhan tulang anak. Lebih baik lagi jika jajanan es memberi manfaat bagi pencernaan anak. Karena di usia anak- anak, pencernaan masih belum sempurna atau imatur,” papar pakar gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS SpGK pada talkshow “Jajanan Es = Tidak Sehat???” di Seaworld, Ancol, Jakarta, baru-baru ini.
Mengenai jajanan es yang layak dikonsumsi anak-anak, dr Ida menjelaskan bahwa es harus diproduksi dengan standar produksi yang higienis. Karena sesuatu yang tidak higienis bisa mengakibatkan terganggunya sistem pencernaan anak, sehingga akan mengganggu fungsi organ tubuh yang lain. Fitri Yulianti – Okezone

Jurus Jitu Agar Bayi Tumbuh Kembang Optimal

June 25th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
MASA-masa pertumbuhan bayi adalah masa-masa terpenting bagi para orangtua. Itu sebabnya, setiap orangtua wajib memastikan buah hatinya tumbuh dan berkembang secara optimal, sehat, kreatif dan memiliki perilaku yang baik. Ini pun menyangkut tiga kebutuhan pokok yang diperlukan bayi dan balita.
Agar tak salah arah, Dr Soedjatmiko, SpA(K), Msi, Dr Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang dan Magister Sains Psikologi Perkembangan menjelaskan supaya bayi dan balita tumbuh kembang optimal mereka harus dicukupi tiga kebutuhan pokok yaitu,fisik-biologis, kasih sayang, dan stimulasi dini sejak di dalam kandungan.
Apa kebutuhan fisik-biologis untuk bayi dan balita?
Kebutuhan fisik-biologis adalah kebutuhan nutrisi (ASI, makanan pendamping ASI), imunisasi, kebersihan badan dan lingkungan tempat tinggal, pengobatan, bergerak dan bermain.
Kebutuhan fisik-biologis terutama berpengaruh pada pertumbuhan fisik, termasuk otot, alat penginderaan dan alat gerak untuk mengeksplorasi lingkungan, sehingga berpengaruh pada berbagai kecerdasan anak.
Apa kebutuhan asih (kasih sayang) untuk bayi dan balita?
Kebutuhan kasih sayang, terutama rasa dilindungi, rasa aman, dan nyaman, diperhatikan dan dihargai, didengar keinginan atau pendapatnya, tidak mengutamakan hukuman dengan kemarahan. continue reading »

Incoming search terms for the article:


Tanda Kekurangan Vitamin E

June 24th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Menurut buku the Complete Idiot’s Guide to Vitamin and Mineral, kekurangan vitamin E dalam jangka panjang bisa mendatangkan kerusakan saraf, khususnya saraf di tulang belakang. Kadang juga terjadi kerusakan di retina mata.
Kekurangan vitamin E harusnya jarang terjadi. Itu karena dari makanan sehari-hari hampir semua orang mendapatkan asupan 7-11 mg vitamin E. Meskipun begitu, ternyata di AS yang terkenal makmur dan banyak makan, tercatat kekurangan ringan vitamin E.
Selain dari asupan makanan sehari-hari, kekurangan vitamin E juga bisa disebabkan kondisi medis seperti:
1.Menderita cystic fibrosis
Penyebabnya, penderita penyakit ini tidak bisa mencerna lemak dengan baik, sehingga tidak bisa menyerap cukup vitamin E.

2. Menderita chron’s disease
Penderita penyakit ini tidak bisa menyerap cukup vitamin E lewat usus.

3. Menderita penyakit lever
Penderita penyakit lever tidak bisa menggunakan vitamin E dengan benar.
continue reading »

Incoming search terms for the article:

 

June 13th, 2010 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Wanita memakai urin untuk mengobati jerawat
JIKA biasanya urin hanya bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi para penderita sakit mata, kini cairan tubuh ini bisa mengobati masalah jerawat. Kok bisa? Secara umum, kata urin hanya terkait dengan “hasil” biologis manusia yan berkaitan dengan toilet. Tahukah Anda, bahwa cairan tubuh yang satu ini digunakan oleh beberapa orang untuk mengobati masalah jerawat mereka.
Kita semua tahu apa urin, dari mana datangnya dan peran apa yang dimainkannya dalam fungsi tubuh yang sehat. Namun, ada kegunaan lain dari cairan tubuh ini, yaitu dapat mengobati jerawat. Meskipun tidak semua orang mengakuinya, namun beberapa telah mencoba bentuk pengobatan jerawat ini di beberapa waktu dalam kehidupan mereka. Jadi, bagaimana mungkin urin membantu mencegah jerawat dan jerawat?
Praktek menggunakan urin untuk kosmetik ataupun kulit memiliki nama: urotherapy, serta beberapa variasi yang berbeda. Sementara cairan ini umumnya dikenal sebagai produk limbah oleh banyak orang. Urin bukan merupakan produk limbah, karena kenyataan bahwa benar-benar bebas dari racun. Kondisinya steril karena adanya air sekitar 95 sampai 98 persen dari urin. continue reading »

Cara Menguatkan Daya Ingat

May 25th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | 2 Comments »
DAYA ingat manusia lebih fantastis daripada yang pernah dibayangkan. Apabila seluruh informasi di alam semesta dimasukkan ke dalam otak, tentu tidak akan penuh ruang di otak kita. Otak manusia yang memiliki satu triliun sel otak terdiri dari 100 miliar sel aktif dan 900 miliar sel yang menghubungkannya.
Daya ingat sebenarnya bisa dilipatgandakan. Karena itu, Anda yang mengalami kesulitan mengingat sangat perlu melatih otak agar dapat bekerja secara optimal. Semakin sering melatih daya ingat, semakin kuat Anda dalam mengingat sesuatu. Berikut adalah beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk menguatkan daya ingat.

1. Gunakan pola
Cara terbaik untuk mengingat sejumlah angka adalah mengamati pola yang tersembunyi. Bukan hal gampang kan kalau Anda disuruh mengingat angka-angka ini, 3810151722242931363843? Deretan angka tampak disusun secara acak. Tapi jika diperhatikan baik-baik, angka-angka tersebut disusun berdasarkan pola tertentu, yaitu ditambah 5 kemudian ditambah 2 dan seterusnya. Begitu mengetahui pola yang digunakan, Anda tinggal mengingat angka pertama dalam barisan tersebut. Yang pasti, Anda bisa mengasah ketajaman spesial dengan berlatih mengingat angka daripada membiarkan memori otak Anda kosong sama sekali. continue reading »

JAMU MANJUR ITU DI OTAK KITA

May 17th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Mungkin banyak dari kita belum benarbenar tahu kekuatan otak mempengaruhi kehidupan kita. Dan bahkan salah satu bukti bahwa jamu paling manjur berada di salah satu bagian manusia yang sampai sekarang masih diakui paling hebat di seluruh jagad ini. Otak yang memiliki sel milyaran, dengan kemampuan satu sel sama dengan komputer tercanggih saat ini. BAgaimana kita bisa memanfaatkan Otak kita secara maksimal.
Otak kita hanya terpakai 12% (itupun tidak terpakai maksimal) sedangkan yang 88% tidak terpakai (alam bawah sadar kita). Sebenarnya kita sudah memakai yang 88% ini cuman sayang masih sangat minimalis. Kenapa bisa dikatakan Otak kita merupakan JAmu paling manjur untuk mengobati segala penyakit yang diderita ? karena otaklah yang mengatur semua yang ada ditubuh kita.
Jamu manjur pernah membahas SEHAT DENGAN KATA-KATA, nah sekarang kita semua akan tahu bahwa sebenarnya kata-kata ini mempengaruhi kinerja otak, sehingga apa yang di affirmasi (diucapkan berkali-kali) membuat otak bekerja dan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh dan alam semesta. Mungkin bagi kamu yang ingin lebih mengenal bagaimana kerja otak kita lihat film The Secret. Bisa dicari di mbah google sebelah kanan blog ini, pilih video. Setelah melihat film the secret ini kita semua akan menyetujui bukti-bukti yang telah diperlihatkan. So apa salahnya kita mencoba meyehatkan tubuh kita dengan selalu membuat otak kita menyetujui bahwa tubuh kita sehat !


JAMU MANJUR

MANFAAT SAYUR II

April 24th, 2010 -- Posted in JUS, TIP DAN TRIK | No Comments »
Setelah posting Manfaat Sayur beberapa hari yang lalu, ternyata masih banyak sayur yang belum disebutkan berikut deh tambahannya :
KACANG PANJANG : Betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, vitamin C, fosfor, kalium, serat dan pektin, protease inhibitor. Mengendalikan kadar gula darah, mengatasi hipertensi, memperkecil risiko stroke dan serangan jantung, meningkatkan fungsi organ pencernaan, menurunkan risiko kanker dan membantu mengatasi kanker, mengatasi sembelit.
KANGKUNG : Seratdan pektin, betakaroten, kalsium, fosfor, zatbesi, vitamin B1, vitamin C, sitosterol, hentriakontan. Menghambat penuaan dan meremajakan sel, memperlancar pembuangan racun dari dalam tubuh, mengatasi gangguan ginjal dan radang saluran kencing, mengobati sembelit. Jika terlalu banyak digunakan sebagai bahan jus, jus akan kental berlendir.
KAPRI : kapri biasa, kapri manis / kapri gendut : Betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, vitamin C, fosfor, kalium, serat dan pektin, protease inhibitor. Mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol maupun trigliserida darah, mengatasi hipertensi, meningkatkan fungsi organ pencernaan, meredakan sembelit dan gangguan wasir, menurunkan risiko kanker dan membantu mengatasi kanker.

KEMANGI : Betakaroten, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, boron, anetol, 1-8 sineol, apigenin fenkhona, eugenol, stigmasterol, asam amino arginin dan triptofan. Membuat rileks dan memulihkan stamina, menggenjotvitalitas seksual, meredakan demam dan sakit kepala, mengatasi hipertensi, meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal flu, mengaktifkan sistem pencernaan, menggiatkan peremajaan sel, menunda menopause.
KEMBANG KOL : Vitamin C, asam folat, vitamin B6, sulforafan, indol. Meningkatkan pembuangan racun ke luar tubuh, menurunkan risiko stroke dan serangan jantung dengan cara mengendalikan kadar homosistein darah, mengurangi risiko kanker, mengontrol kadar gula darah.

continue reading »

MANFAAT SAYUR

April 19th, 2010 -- Posted in JUS, TIP DAN TRIK | 1 Comment »
ASPARAGUS : Asparagin, glutation, asam folat, vita¬min E. Peluruh air seni, mengatasi pembengkakan dan nyeri sendi seperti pada gangguan asam urat (gout) dan artritis rematoid, mengobati nyeri menstruasi, meredakan gangguan ginjal dan hati, menurunkan risiko kankerdan penyakit jantung.
BAYAM : Bayam hijau, BAyam Merah : Serat, betakaroten, lutein, klorofil, asam folat, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, kalium, mangan, vitamin C, vitamin K. Memacu peremajaan sel dan menghambat penuaan, mengatasi anemia, mengontrol kadargula darah, mengurangi risiko kanker, menggiatkan fungsi pencernaan, memperbaiki kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, membantu penyediaan energi siap pakai.
BIT : Vitamin C, asam folat, zat besi, kalium, betakaroten, betasianin, kumarin. Membantu pengobatan kanker dan mencegah mutasi sel calon kanker, menjaga kesehatan jaringan sel, mamacu pembentukan sel darah merah dan mengatasi anemia, meredakan radang hati dan empedu, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.
BOKCOI / PAKCOI : Betakaroten, klorofil, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, rorifamida, sulforafan, isotiosianat, indol. Menurunkan risiko kanker, menghambat penuaan dan memacu peremajaan sel, mencegah sembelit, menggiatkan fungsi organ pencernaan, mengurangi risiko keropos tulang.
BROKOLI : Betakaroten, klorofil, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, mangan, selenium, sulforafan, isotiosianat, indol. Menggiatkan peremajaan sel, memperkecil risiko kanker dan membantu mengatasi kanker, mengobati anemia, meredakan radang, meningkatkan kekebalan tubuh.
BUNCIS : Betakaroten, kalsium, fosfor, vitamin C, vitamin B1 dan B2, flavonoid, enzim tripsin inhibitor. Mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol maupun trigiliserida darah, mengontrol tekanan darah, menggiatkan fungsi organ pencernaan, antikanker.
DAUN MINT : Betakaroten, vitamin C, kalsium, fosfor, kalium, zatbesi, minyakasiri mentol. Meningkatkan stamina, meredakan stres dan menenangkan, mengontrol tekanan darah, melembutkan kulit.
DAUN PEPAYA : Betakaroten, klorofil, vitamin C, kalsium, fosfor, enzim papain. Memacu peremajaan sel dan menghambat penuaan, meningkatkan fungsi hati, mengurangi risiko kanker, menambah nafsu makan, melancarkan haid, meningkatkan kekebalan tubuh. Hindari menggunakan daun pepaya dalam jus secara berlebihan atau terus-menerus, agar tidak mengganggu fungsi buah pelir memproduksi sperma.

Gizi Buah Bagian 2

April 13th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Setelah beberapa saat yang lalu jamumanjur membahas gizi yang terkandung  dalam buah-buahan berikut ini merupakan lanjutannya, tanaman yang menghasilkan buah yang mungkin dianggap tidak banyak gizi, padahal semuanya memiliki manfat tersendiri. Berikut hasil dari tanam-tanaman :
Bengkoang : Serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C. Mengatasi sembelit, meningkatkan pengurasan racun dalam dalam tubuh, mengend alikan kadar gula darah, menurunkan kelebihan kadar kolesterol dan trigliserida darah, mencegah, mengatasi kanker.
Buah Kering : Sultana, kismis, prune, aprikot, Kurma : Serat, gula buah, kalsium, fosfor, mangan, dan seng. Penyedia energi seketika, meredakan sembelit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan gairah bercinta. Sumber pemanis alami jika jus buah kurang manis. Sebaiknya pilih buah kering yang diproses tanpa tambahan belerang (sulfur dioksida). Bagi pengidap asmayang sensitif, tambahan belerang dalam buah kering dapat memperparah penyakitnya. Belerang mempercantik warna buah kering, sehingga penampilannya lebih pucat dan tidak gelap kusam. Buah kering tanpa belerang berlabel unsulfured dried fruitsi.
Jagung muda : Serat dan pektin, betakaroten, vitamin B-kompleks, kalsium, fosfor, kalium, magnesium,zat besi. Melembutkan kulit, memacu peremajaan sel, membantu penyediaan energi segera, mengatasi anemia, mengendalikan hipertensi, memperkecil risiko stroke, serangan jantung, dan kanker.
Kacang-kacangan (Nut) dan biji-bijian (seed) : Kenari, almon, walnut, brazil nut, pistachio, kacang tanah, kacang mete, wijen putih/ hitam, biji bunga matahari, biji labu kuning : Lemak sehat o mega (3,6,9), asam amino arginin, asam folat, vitamin E, polifenol, kalsium, fosfor, mangan, seng. Mengatasi peradangan, menurunkan kadar kolesterol/trigiliserida darah berlebihan, mengontrol gula darah, mengendalikan hipertensi, menurunkan risiko stroke dan serangan jantung, menggiatkan peremajaan sel, dan antikanker.
Kelapa :  Serat, asam laurat, asam kaprat. Mengontrol kadar kolesterol maupun trigliserida dan gula darah, menyusutkan risiko stroke dan serangan jantung, menyediakan energi seketika karena lemak sehatnya bisa langsung diedarkan dalam darah, mengatasi hipertensi.
Labu kuning : Serat, betakaroten, lutein, kalsium, zat besi. Menciutkan risiko stroke dan serangan jantung, menurunkan risiko kanker, meremajakan sel dan memperlambat proses penuaan, menjaga kesehatan mata, meningkatkan pembuangan racun dalam tubuh.
Minyak zaitun : Lemak sehat omega-3, ibuprofen (oleosantal), betakaroten, vitamin E. Meredakan radang,mengatasi hipertensi dan kadar kolesterol maupun trigliserida darah, menyusutkan risiko stroke dan serangan jantung, memperkecil risiko kanker dan keropos tulang, penyedia energi seketika.
Susu kedelai : Inhibitor protease, isoflavon genistein dan daidstein, asam fitat, asam fenolat, saponin, fitosterol, lesitin. Memacu peremajaan sel, menyusutkan risiko kanker dan membantu mengatasi kanker, mengurangi kemungkinan stroke dan serangan jantung dengan cara menggagalkan penggumpalan darah, mengendalikan kadar gula darah, menyehatkan tulang.
Ubi jalar :  Ubi jalar merah, ubi jalar ungu ;  Betakaroten, lutein, likopen(ubijalarmerah), antosianin (ubi jalar ungu), kalsium, fosfor. Menghambat penuaan dan memacu peremajaan sel, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepatpenyembuhan radang.
Yogurt Murni : Oligoskarida, asam laktat, vitamin D, kalsium, magnesium, bakteri IbaikT Bifidus dan Lacto-bacillus. Mengatasi sembelit maupun diare, mengobati sariawan, menjaga kesehatan tulang, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah berlebihan, mengurangi risiko stro/cedan serangan jantung, menyusutkan risiko kanker dan membantu mengatasi kanker, memperbaiki kekebalan tubuh dengan cara menciptakan kondisi basa dalam darah dan jaringan sel.

CANTIK DENGAN BAHAN ALAMI

April 8th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
bahan-bahan alami yang bisa didapat dengan harga murah? BAhan bisa dicari di sekitar kita dan beberapa bahannya sudah pernah kita bahas manfatnya di gizi buah. Berikut cara tampil cantik alami :
MASKER UNTUK KULIT BERMINYAK
1 buah
pisang matang
1 sdm madu
1 butir jeruk nipis
Hancurkan pisang di dalam mangkuk, aduk-aduk dengan madu dan perasan jeruk nipis. Oleskan di wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

MASKER UNTUK KULIT KERING
1/2 butir
alpukat
1/4 cangkir madu
Hancurkan alpukat di dalam mangkuk, campur dengan madu hingga rata. Pakaikan di wajah selama 10 menit, lalu bilas.

MASKER PENCERAH KULIT
1/2 gelas
pepaya muda, potong dadu
1 sdt yoghurt
1 sdt madu
Haluskan semua bahan di dalam blender, pakaikan di wajah selama 10 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin, keringkan, dan olesi dengan pelembab.

PENGHILANG MATA SEMBAB/BENGKAK
Dinginkan 2 kantung teh celup bekas di dalam kulkas, lalu kompreskan pada mata selama 10 menit. Selain teh celup, kita juga bisa menggunakan mentimun.
SCRUB ANTIOKSIDAN
1 genggam kacang almond
1 kulit jeruk
1 cangkir minyak zaitun
Haluskan semua bahan dengan blender (jangan terlalu halus), gunakan sebagai scrub wajah atau kulit tubuh.

GARAM MANDI DETOKSIFIKASI
3/4 cangkir garam mandi
1/4 cangkir baking soda
4 tetes essential oil
Campurkan garam dan baking soda. Setelah merata, tetesi dengan essential oil. Masukkan campuran ini ke dalam bath tub Anda sebelum berendam.


SERAT MAKANAN DARI RUMPUT LAUT

April 5th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
HAnya serat dari bahan alami murni, tergolong dalam serat yang larut dalam air dan tidak menyebabkan penyumbatan usus yang baik bagi tubuh. Agar-agar terbuat dari rumput laut jenis red algae yang bersifat hydrophilic (larut dalam air) sekaligus pula memiliki sifat syneresis (melepaskan molekul air).
Melalui proses enzimatis pada proses pencernaan dan dengan kondisi asam lambung, serat agar-agar akan melepaskan molekul air dan memperpendek rantai polisakaridanya, sehingga tidak terjadi penjedalan (tetap berbentuk larutan koloidal) dan menghindarkan terjadinya penyumbatan usus.
Proses pembuatan makanan berserat bisa menghilangkan fungsi serat. Proses isolasi dan ekstrasi aga-agar dilakukan dengan seksama sehingga sifat-sifat kimia dari serat yang dihasilkan tidak kehilangan manfaat awal. Studi menunjukkan bahwa bahan makanan yang dicerna oleh tubuh, 12% diserap oleh dinding lambung, 60% diserap oleh usus halus dan 28% oleh colon (usus besar), karena faktor konsumsi makanan sangat besar pengaruhnya terhadapa kesehatan tubuh manusia. continue reading »

AYO MINUM SUSU !!

March 24th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Manfaat Susu adalah untuk memenuhi nutrisi, susu bagi anak juga bisa memberi banyak manfaat untuk menunjang pertumbuhannya. Sayangnya, Indonesia masih menjadi negara dengan tingkat konsumsi susu yang rendah.
Data Departemen Kesehatan (2006) menyebutkan rata-rata konsumsi susu nasional hanya 7,7 liter per kapita per tahun. Ini adalah angka yang cukup rendah dibandingkan dengan negara lain. Singapura mengonsumsi 32 liter per kapita per tahun, sedangkan Malaysia dengan tingkat konsumsi 25 liter per kapita per tahun, dan Filipina yaitu 11 liter per kapita per tahun.
Padahal, susu sangat bermanfaat dalam masa perkembangan seorang anak. Umumnya, susu fokus orangtua saat ini hanya memperhatikan gizi anak dengan pemberian nutrisi khususnya susu, hanya sebatas di umur tujuh tahun. Padahal, susu sangat penting peranannya dalam pemenuhan gizi anak, bahkan ketika anak berusia di atas tujuh tahun.

”Di atas usia lima tahun fokus orangtua terhadap nutrisi, khususnya susu, berkurang karena persepsi yang keliru,” ucap ahli nutrisi dari Medika Plaza International Clinic, Semanggi Spesialist Clinic dr. Samuel Oetoro. Yang perlu orangtua ingat, usia perkembangan anak sebenarnya sampai usia 18 tahun, di mana hingga usia tersebut pemberian nutrisi yang tepat sesuai dengan tahapan usia mereka sangat penting dan masih harus diperhatikan.
”Sayangnya, budaya minum susu di kalangan masyarakat Indonesia masih rendah, bahkan paling rendah di antara bangsa lain baik di kawasan Asia Tenggara maupun Asia,” ucap dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini. Di Indonesia, biasanya dalam sebuah keluarga hanya tersedia satu jenis susu yang dikonsumsi semua keluarga, walaupun berbeda umurnya. Padahal, konsumsi susu juga harus disesuaikan dengan tumbuh-kembang dan usia anak, karena satu jenis susu belum tentu cocok untuk semua tahapan usia.
continue reading »

Mencegah Diabetes Dengan Bawang Bombai

February 27th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Bawang bombai (Allium cepa L) memiliki kandungan kromium yang baik. Kromium berperan mencegah diabetes melitus. Seperti bawang putih, bawang bombai juga berperan penting bagi kesehatan.
Namun, berbeda dengan bawang putih, komponen sulfur pada bawang bombai terdapat dalam bentuk allyl propyl disulphide. Komponen ini berperan penting dalam menurunkan glukosa darah sehingga baik bagi penderita diabetes.
Bawang bombai juga baik untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Komponen sulfur dalam bawang bombai akan bersinergi dengan kromium dan vitamin B6 untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah. Bawang bombai juga memiliki sifat antiperadangan.
Komponen isothiocyanates (juga terdapat pada brokoli) dilaporkan dapat menghambat sel kanker. Komponen tersebut berasal dari senyawa glukosinolates yang mengalami perubahan setelah bawang bombai digigit, dikunyah, dan dicerna. Bawang bombai juga mengandung komponen flavonoid yang sangat baik untuk mencegah kanker usus.
Para ahli di University of Bendi Swiss pernah meneliti manfaat bawang bombai terhadap tulang. Terbukti konsumsi bawang bombai setiap hari selama 4 minggu mampu meningkatkan konsentrasi kalsium penguat tulang hingga 17 persen.

10 Alasan Air Penting untuk Tubuh

February 20th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Air merupakan mineral yang sangat vital bagi tubuh manusia. Apa saja fungsi air bagi tubuh? Berikut 10 fungsi penting air menurut dr.Tan Shot, Yen, M.Hum, medical doctor dan penulis buku.
1. Air mencegah kerusakan DNA dan membuat perbaikannya lebih efisien.
2. Air meningkatkan efisiensi sistem kekebalan di sumsum tulang, termasuk menghadapi kanker.
3. Air adalah pelarut utama semua makanan, vitamin, dan mineral; dipergunakan untuk memecah bahan-bahan tersebut dan metabolismenya serta asimilasinya.
4. Air memberikan energi kepada makanan, sehingga partikel makanan dapat menyediakan energi selama proses pencernaan.
5. Air dipergunakan sebagai penghantar semua zat dalam tubuh.
6. Air meningkatkan efisiensi sel darah merah menangkap oksigen di paru-paru.
7. Air membersihkan buangan racun dari berbagai bagian tubuh dan membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang.
8. Air adalah pelumas utama di sel sendi dan membantu mencegah rematik dan sakit pinggang.
9. Air penting untuk sistem pendinginan tubuh (melalui keringat) dan pemanasan tubuh (elektrikal).
10. Air membantu menurunkan stres, kegelisahan, dan depresi.
Jadi jangan terlalu meremehkan air… air untuk hidup… tak ada air mati…

Mau Awet Muda ? Berpuasalah…

February 18th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Puasa memberikan banyak manfaat; selain belajar menahan godaan, juga untuk menurunkan berat badan. Contohnya seperti yang dilakukan umat muslim pada bulan Ramadhan, atau umat nasrani yang mulai memasuki masa puasa dan pantang hari ini, Rabu (17/2/2010). Bahkan, akan lebih baik bila puasa dilakukan secara rutin, tak cuma menjelang hari raya Lebaran atau Paskah.
Hal ini sudah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan University of California. Hasil studi menunjukkan, pembatasan jumlah kalori, khususnya ketika berselang-seling (tiap dua hari sekali), dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, dan menurunkan berat badan. continue reading »

Cokelat Hitam Tekan Risiko Stroke

February 15th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Cokelat yang selama ini lebih terkenal sebagai pembangkit suasana hati ternyata juga dipercaya mampu melindungi tubuh dari serangan stroke. Namun cokelat yang dianjurkan adalah cokelat hitam (dark chocolate).
Dr Gustavo Saposnik baru-baru ini mempublikasikan hasil analisanya terhadap tiga penelitian mengenai manfaat cokelat hitam dan penyakit stroke. Salah satu studi tidak menemukan kaitan antara konsumsi cokelat dan risiko stroke.
Akan tetapi dua studi lainnya mengaitkan cokelat hitam dengan menurunnya risiko stroke hingga 22 persen pada orang yang makan cokelat hitam satu kali setiap minggunya. Studi ketiga bahkan menyebutkan, risiko kematian akibat stroke bisa ditekan hingga 46 persen jika kita makan 50 gram cokelat setiap minggu. continue reading »

8 Tip Diet Sehat untuk Otak dan Jantung

February 14th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Tampaknya makanan yang baik untuk jantung, baik pula untuk otak. Gary Small, Direktur the UCLA Memory Clinic di Amerika Serikat, memberikan kiat mendapatkan manfaat gizi terbaik untuk kedua organ penting dalam hidup kita tersebut.
1. Membatasi jumlah kalori
Kelebihan lemak tubuh meningkatkan risiko terkena penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Kedua penyakit degeneratif ini berisiko menyebabkan stroke ringan di otak yang dapat membuat Anda kehilangan memori, demensia, bahkan menderita Alzheimer.
2. Makan lebih banyak lemak baik
Asam lemak esensial yang kita temukan pada ikan membantu mencegah penyumbatan pembuluh jantung. Asam lemak ini juga ditemukan pada kacang-kacangan, alpukat, minyak kanola, minyak zaitun.
3. Pilih daging tanpa lemak
Misalnya daging ayam tanpa kulit dan daging tenderloin. Daging kaya lemak jenuh seperti daging burger adalah penyebab penyumbatan pembuluh jantung.
4. Konsentrasi ke karbohidrat kompleks
Seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Jenis makanan ini bermanfaat untuk kolesterol baik penjaga kesehatan jantung kita. Di samping itu, jenis karbohidrat ini juga menjaga nafsu makan dan membantu membakar lemak. Sayur dan buah yang berwarna cerah juga merupakan zat antioksidan penjaga kesehatan otak.
5. Tambahkan kunyit!
Warna kuning pada masakan yang berasal dari kunyit selain menyedapkan makanan, juga bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan curcumin di dalamnya. Curcumin adalah zat aktif dalam kunyit yang bermanfaat sebagai zat antipembengkakan dan antioksidan.
6. Minum teh hijau dan hitam
Buat teh tanpa gula sebab kedua jenis teh itu bebas kalori dan kaya antioksidan.
7. Minum anggur
Tentu selama Anda tak ada halangan kesehatan untuk mengonsumsi minuman gaya ini. Segelas anggur sehari dapat membantu melindungi otak dari kemunduran. Begitu menurut penelitian yang ditulis di Journal of the American Medical Association. Anggur merah juga dikenal mengandung antioksidan.
8. Hindari makanan sampah
Terutama kudapan yang mengandung gula tinggi dan makanan olahan. Keduanya menyebabkan pembengkakan di dalam tubuh dan meningkatkan kadar glukosa dalam darah kita.

MAKANAN PENURUN BERAT BADAN

January 27th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
10 jenis makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
1. Daging sapi : menyantap steak daging sapi ternyata dapat menurunkan berat Anda. Riset yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, wanita yang dalam dietnya menyertakan daging merah mencatat penurunan berat lebih banyak ketimbang mereka yang menyantap jumlah kalori sama dengan sedikit daging sapi . Kandungan protein dalam steak, kata peneliti, dapat mempertahankan masa otot selama menurunkan berat badan .
2. Telur : Telur tidak akan merusak jantung Anda, tetapi mereka justru membantu Anda lebih langsing beberap inci. Riset para ahli di Louisiana State University Baton Rouge, menyebutkan bahwa wanita yang menjalani diet rendah kalori dan menyantap telur, roti dan jelly tiap pagi kehilangan berat dua kali lebih banyak ketimbang mereka yang sarapan bagel dengan jumlah kalori sama tapi tanpa telur. Menurut peneliti, telur membuat kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikti di kemudian hari.
3. Oat : Oatmeal memiliki peringkat teratas dalam hal mengenyangkan diantara makanan lain. Tidak sperti kebanyakan karbohidrat, oat—bahkan yang berjenis instan sekalipun —akan dicerna dengan lambat, jadi makanan ini berpengaruh kecil pada gula darah.”
4. Kacang lentil : Lentil adalah makana yang baik untuk merampingkan perut. “Mereka tinggi akan protein dan serat larut, dua nutrien yang dapat menstabilkan kadar gula darah,” kata Tanya Zuckerbrot, R.D., penulis The F-Factor Diet (Putnam Adult). Makan lentil dapat mencegah lonjakan insulin yang membuat tubuh Anda membentuk lemak, terutama di area perut.”
5. Apel : Sebuah apel sehari dapat mencegah terjadinya penambahan berat, demikian riset ilmuwan di Penn State University. Mereka yang makan sebuah apel sebelum menyantap pasta mengonsumsi sedikit kalori secara keseluruhan dibanding mereka yang menyantap kudapan lain. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi —4 sampai 5 gram—yang membuat mereka mengenyangkan. Plus, antioksidan dalam dapat mencegah sindrom metabolik yang ditandai dengan penumpukan lemak di lingkar perut
6. Cabai : Cabai bisa meningkatkan metabolisme. Kandungan dalam cabai yang disebut capsaicin mempunyai efek thermogenic, yang bisa membuat tubuh membakar ekstra kalori selama 20 menit setelah menyantap cabai. Selain itu, Anda tak lagi bisa menyantap hidangan dalam sekejap. Makan dengan lambat membuat otak Anda merekam bahwa perut Anda kenyang. Jadi Anda tidak akan makan secara berlebihan.
7. Yogurt : Para dieter lebih menyukai plain yogurt sebagai makanan sempurna. Dengan kombinasi karbohidrat, protein dan lemak, yogurt dapat menekan rasa lapar dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Studi para ahli di University of Tennessee, menyatakan mereka yang menjalani diet rendah kalori dengan menambah yogurt mengalami penurunan lemak total 61 persen lebih besar dan 81 persen lemak perut ketimbang mereka yang diet tanpa yogurt.
8. Parmesan : Wanita yang minum whole milk atau makan keju setiap hari cenderung tidak terlalu mengalami penambahan berat badan, menurut studi yang dimuat The American Journal of Clinical Nutrition. Penggemar lowfat-dairy justru tidak memperoleh manfaat yang sama. Produk whole milk memiliki asam linoleat terkonjugasi, yang dapat membantu tubuh Anda membakar lemak.
9. Alpukat : Jangan biarkan kandungan lemak dalam sebuah alpukat (29 gram) membuat Anda cemas. Justru itulah yang membuat makanan ini menjadi penurun berat terbaik. Kandungan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan rasa kenyang.
10. Olive oil : Seperti halnya alpukat, olive oil memiliki kandungan lemak yang meningkatkan rasa kenyang, dan menghentikan selera makan. Riset juga menunjukkan olive oil berkhasiat sebagai anti radang.

Obat Kimia Bukanlah Solusi !

January 10th, 2010 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Penyakit tidak hanya menyiksa tubuh akan tetapi juga menghabiskan harta. Tenang jangan putus asa!
“Tuhan menciptakan penyakit akan tetapi juga menciptakan obatnya, semuanya ada di sekeliling kita anda cuma belum menyadarinya saja”. Bermacam tumbuhan di sekitar kita mempunyai khasiat penyembuh ajaib apabila diramu dengan komposisi yang tepat, inilah yang dinamakan ramuan tradisional.

Kenapa harus pakai ramuan tradisional?
Obat tradisional diramu dari bahan-bahan yang disediakan alam, jadi lebih alami.
Sebagian besar bahan-bahan diserap oleh tubuh sebagai nutrisi untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Tidak mengandung bahan kimia, tanpa efek samping. Bisa diperoleh dengan murah bahkan cuma-cuma, hemat. Dan disinilah … di blog ini kita berbagi, bila anda mencoba salah satu dari resep kami, berilah komentar apabila ada perubahan apapun itu, setidaknya akan bermanfaat bagi semua yang membaca blog ini

JAMU + PIJAT

December 20th, 2009 -- Posted in Jamu, PIJAT REFLEKSI, TIP DAN TRIK | 2 Comments »
Kalau mau sembuh dari penyakit harus mau minum jamu _ pijat refleksi, dua kekuatan penyembuhan ini kalau digabungkan akan luar biasa hasilnya. Kebanyakan kita sesudah pijat nggak mau minum jamu secara rutin, dipikir minum jamu setelah pijat saja berikutnya ya tinggal tunggu. Dalam pengobatan juga perlu kesinambungan agar penyakit benar-benar hilang.
Beberapa orang masih saja menganggap minum jamu pahit… ya pasti pahit donk, kalau dikasih madu baru enak. Ingat ketika minum jamu jangan sampai dikasih gula… berabe deh hasilnya, yang benar ya pakai madu sebagai pemanisnya. Kembali lagi ke topik, bahwa untuk menghasilkan penyembuhan yang maksimal diperlukan minum jamu yang rutin dan pijat. Cara memijat pun harus dilakukan dengan tepat posisi (kalau tidak bisa cari saja pijat refleksi di area sekitar kamu). Memang hasil akhir tetap Yang Kuasa yang menentukan, cuman cara kita berusaha dengan benar merupakan hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kesembuhan

DIET SEDERHANA DAN BERHASIL

December 17th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
BAgaimana sih diet yang paling sederhana dan menjadi jamu yang paling manjur ? Sebenarnya sederhana kok… yaitu teratur makan dan tidak ngemil (tidak makan selain waktu makan). Ya dengan makan teratur pagi, siang dan malam dengan komposisi waktu yang pas dan selalu diulang, ini akan mengakibatkan tubuh semakin terawat. Kok bisa… mari kita renungkan…. kadar lemak ditubuh kita terjadi dikarenakan adanya penumpukkan zat makanan yang belum terbakar.
Nah ketika kita makan pagi berfungsi untuk kekuatan diri, nah jeda / jarak waktu ke makan sian sekitar 6 jam sehingga organ pengolahan makanan sudah siap kembali, berbeda ketika sebelum makan kita sudah ngemil… bayang saja organ pengolahan kita bekerja terus dan hasilnya tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Jadi makan teratur dan tidak makan apabila tidak waktunya adalah Diet paling ampuh… bagaimana ?

Makanan Penolak Penyakit

December 13th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Sehat ? pelihara dan pertahankan kesehatan sistem pencernaan. Dengan kondisi sistem pencernaan yang baik, penyerapan nutrisi dari setiap makanan yang dicerna menjadi lebih mudah. Pencernaan yang sehat juga dapat menetralisir racun serta melawan bakteri dan virus yang membahayakan tubuh.
Supaya sistem pencernaan tetap stabil, ada banyak cara bisa dilakukan selain makan secara teratur dengan gizi berimbang. Salah satunya adalah mengonsumsi jenis-jenis makanan yang meningkatkan kekebalan. Berikut adalah tujuh jenis makanan membuat tubuh Anda secara alami mampu menolak penyakit :
1. Bawang putih : Bahan aktifnya, allicin, berperan sebagai antivirus dan antibakteri. Zat ini dapat membersihkan liver sehingga pada gilirannya akan membersihkan darah serta merangsang produksi sel darah putih.
2. Jahe : Tumbuhan ini mengandung sejumlah zat penting yang dapat menghangatkan tubuh, membuat badan berkeringat, mengatasi demam dan menetralisir racun. Jahe juga memicu pelepasan lendir dan efektif untuk melegakan pernafasan dan saluran paru. Jahe juga sering digunakan untuk obat sakit perut karena fungsinya sebagai pembersih.
3. Madu : Cairan ini adalah antibiotik alami sekaligus sebagai antiseptik. Madu juga mengandung zat pemacu kekebalan tubuh serta beragam vitamin dan mineral seperti B-kompleks, vitamin C,D, E dan propolis. Madu juga dapat mengatasi problem tenggorokan, alergi, asma dan masalah pernafasan lainnya berkat kemampuannya mengatasi iritasi.
4. Cayenne : Makanan yang satu ini memiliki kadar vitamin C, A, B, kalsium dan potassium tinggi. Selain itu, cayenne juga bisa merangsang sirkulasi darah dan dikenal dapat mengobati sejumlah penyakit pencernaan. continue reading »

INGIN SEHAT ? SERINGLAH TERSENYUM !

November 29th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Beberapa saat lalu pernah membahas sehat dengan kata-kata, selanjutnya mari kita bahas tersenyum. Kadang hal ini juga termasuk yang disepelekan. Jamu paling murah untuk kesehatan kita dan tidak mengeluarkan biaya sekali cuman tinggal menarik ujung kiri dan kanan mulut kita ke atas… Tersenyum. Tersenyum selain menjadi salah satu jamu di tubuh kita agar tetap sehat, juga bisa mengatasi permasalahan yang rumit menjadi semakin simple/ mudah diselesaikan.
Jadi bagaimana sih agar kita bisa membiasakan untuk tersenyum dalam situasi apapun ? Oke mari kita coba pelan-pelan dan praktekan. Karena belum terbiasa maka pejamkan mata anda, lalu ingatlah hal yang paling membahagiakan yang pernah anda alami. Atur napas anda, secara perlahan akan membuat kita tersenyum, karena mengeluarkan kenangan indah yang pernah kita alami
Ulangi kegiatan diatas apabila anda kesulitan tersenyum (kondisi emosi tidak terkendali). Nah setelah anda bisa tersenyum dengan mudah, biasakanlah kegiatan tersenyum ini setiap hari, selain membuat kita bertambah sehat juga berbagai masalah akan segera teratasi. Coba dan Rasakan bedanya..!?!? cari cara lainnya.. ketik saja di google search sebelah kanan atas blog ini.

SEHAT DENGAN KATA-KATA

November 15th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 6 Comments »
Setelah menjelaskan jamu paling manjur I dengan olah raga, lalu yang kedua dengan minum air putih, berikut adalah jamu manjur untuk tubuh kita adalah dengan kata-kata. Bagaimana caranya ….? Sebenarnya ini jamu / pengobatan alternative dengan kata-kata sudah biasa kita lakukan, tapi karena dianggap biasa jadi tidak begitu dihiraukan, padahal manfaatnya bisa melebihi sehat dengan olahraga maupun dengan minum air putih.
Sehat dengan kata-kata merupakan ilmu pamungkas dari JAmu Manjur, karena dengan kata-kata kita bisa lebih sehat, lebih yakin dan lebih percaya diri. Oke apa saja sih yang dilakukan oleh kata-kata ?
1. Ketika kita sehat / sakit kita akan selalu berdoa…. doa dengan kata-kata dan diyakini
2. Berkata “Saya Pasti Bisa Sembuh” Juga merupakan penyembuhan dengan kata-kata (karena  menyakini bahwa kita pasti sembuh walau menderita penyakit apapun akan membuat sel positiv/sehat di tubuh melawan sel negative/ penyakit
3. Dengan selalu berkata positif tubuh kita juga akan selalu menjadi positif
MAka dari itu kata-kata merupakan jamu manjur yang perlu diperhatikan, percuma saja kita memberi obat apa saja tapi yang sakit tidak percaya bahwa dirinya akan sembuh…. SO selalu berkata positif pada diri sendiri dan orang lain akan membantu tubuh kita selalu sehat.

Jamu paling Manjur 2 = Air Putih

November 11th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Setelah kemarin membahas tentang Jamu Paling manjur adalah Olahraga, nah berikutnya Jamu Yang nggak kalah pentingnya adalah minum air putih. Ya kapasitas minum air putih kita seharusnya 2 liter dalam satu hari, sayang kadang untuk minum air putih saja kelihatan malas, apalagi saat seperti sekarang ini, panas dan belum hujan…..
Kebanyakan dari kita malah lebih suka minum Es untuk pelega tenggorokan, padahal dengan meminum es malah membuat daya tahan tubuh kita menurun. Terus bagaimana caranya agar hidup kita bisa sehat, biar tetap seger menjalani aktivitas sehari-hari ?
- Ketika bangun tidur usahakan minum 2 gelas air putih (kalau belum bisa ya 1 gelas dulu)
- Biasakan olahraga setelah itu (sesuai dengan anjuran disini)
- Setelah makan pagi usahakan minum teh manis (untuk tenaga)
- sekitar jam 10… minumlah 2 gelas air putih lagi
- Sekitar jam 3 sore 2 gelas air putih
- dan yang terakhir adalah jam 7 malam keatas 2 gelas
So total minum air putih menjadi 8 gelas (kurang lebih sudah 2 liter), sudah memenuhi hidup sehat. Nah kenapa air putih ini juga disebut Jamu Paling manjur ? karena air putih merupakan penetralisir zat-zat makanan yang masuk ketubuh kita, sehingga proses kerja tubuh kita menjadi semakin baik.

Olahraga = Jamu Paling Manjur

November 8th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 3 Comments »
Hal ini mungkin tidak disadari oleh sebagian besar manusia (termasuk kadang-kadang admin:) . Jamu paling Manjur adalah Olahraga…. Tahu maksudnya ? ya dengan berolahraga maka apapun penyakit kita akan teratasi.. Nah lho..?! Jangan berpikit kan saya setiap pagi olahraga… apakah benar olahraga dan sudah anda lakukan dengan rutin…. BAgaimanakah olahraga yang benar agar menjadi Obat yang manjur bin mujarab bagi tubuh kita ?
OKe sederhana :
1. Jadwalkan secara rutin (usahakan setiap hari kalau tidak bisa 2 minggu sekali… jangan kurang)
2. Sebelum melakukan olahraga lakukanlah pemanasan yang betul (LAri kecil… pelemasan Kepala, Tangan, pinggang, kaki dan lainnya)
3. Baru setelah itu lakukan kegiatan olahraga anda… apapun itu.
Persyaratan untuk menjadikan olahraga seperti hal diatas terlihat mudah … padahal sangat sulit lho dijalankan.. kenapa ? karena aktivitas kita yang kadang tak menentu…. so buatlah komitmen. Kesehatan tubuh merupakan hal paling penting dalam kehidupan anda

PENGOBATAN ALTERNATIVE KANKER PAYUDARA

November 4th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 2 Comments »
Kanker payudara merupakan tumor ganas yang menyerang payudara. Jenis kanker apa saja yarig menyerang tubuh tetap sangat berbahaya. Secara medis, kanker payudara hams segera dioperasi, dibuang. Tetapi banyak khasus, sehabis Dioperasi beberapa bulan kemudian tumbuh lagi. Ada yang sampai dioperasi berulang kali (sampai 7 kali) tetap belum sembuh. Padahal operasi kanker ini biayanya cukup mahal, khususnya bagi kalangan bawah. Sebenarnya ada cara yang paling ampuh untuk mengatasinya, yaitu dengan pengobatan terpadu : pijat, jamu dan terapi tenaga dalam.
A. PUAT REFLEKSI:
Pijat daerah-daerah refleksi: payudara, kelenjar-kelenjar buntu dan kelenjar getah bening . Lakukan secara teratur 3 hari sekali. Khusus payudaranya juga’dipijat (mulai dari bawah ketiak sampai seluruh permukaan payudara). Pada bagian kankernya dipijat sambil disaluri tenaga dalam.
B. OBAT TRADISIONALNYA :
a. Tiap pagi sebelum makan-minum, minum minyak tanah bersih 1 sendok makan, lalu puasa 2 jam.
Lakukan sampai 14 pagi.
b. Benalu mangga 2 genggam, rumput mutiara (gambar 13) 1 geng-gam, air 4 gelas, semua direbus sampai mendidih. Minum sehari 3 kali. Sekali minum 1 gelas. Khusus pagi hari, diminum 2 1/2 jam setelah minum minyak tanah. Lakukan sampai sembuh.

MENGHILANGKAN BULU PADA KAKI WANITA

November 4th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Wanita yang ingin selalu tampil cantik, menarik, segar dan bersih tentu akan merawat tubuhnya, termasuk bagaimana mengusahakanagar kakinya menjadi indah dan mums tanpa terganggu oleh bulu-bulu kakinya.Jika wanita mempunyai bulu kaki dan ingin mengililangkannya, inilah petunjuknya:
Tumbuklah sedikit merica, kapur bams dan beberapa tetes minyak tanah. Campur sampai rata. Kemudian usapkan pada kaki yang ditumbubi bulu. Dengan Sendirinya bulu-bulu kaki yang tidak diinginkan itu akan rontok sendiri.

Cara Minum Jamu

October 23rd, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Jamu biasanya diminum satu dosis satu hari, dibagi 2-3 kali minum. Umumnya jamu diminum sewaktu masih hangat, terutama untuk pengibatan Sindroma luar. Setelah minum jamu, pakailah baju tebal atau memakai selimut supaya tubuh tetap hangat dan mudah mengeluarkan keringat.
Untuk pengobatan sindroma panas, jamu diminum dalam keadaan dingin. Pada pengobatan sindroma dingin, jamu diminum dalam keadaan hangat. Jamu yang agak beracun (Toksik) diminum sedikit demi sedikit, tetapi sering. Tambahkan dosisnya secara bertahap, sehingga efek pengobatan tercapai.

Waktu Minum Jamu

October 23rd, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Setelah pernah membahas Cara membuat jamu, baik direbus maupun dibuat cair berikut pedoman waktu minum jamu yang dapat digunakan, bila tidak ada petunjuk yang lain. Biasanya jamu diminum sebelum makan.Bila jamu tersebut merangsang lambung, maka ramuan tersebut diminum setelah makan. Obat berkhasiat menguatkan (tonik), diminum sewaktu perut kosong. Obat yang berkhasiat menenangkan, diminum sewaktu sebelum tidur.
Bila penyakit baru terjadi (akut), obat diminum sewaktu mau tidur. Nah sedangkan bagi penderita yang sudah lama / kronis, ramuan obat diminum sesuai jadwal secara teratur. Obat dapat diminum sesering mungkin sesuai kebutuhan atau diminum sebagai pengganti teh.

MENGUATKAN SENJATA PRIA

October 15th, 2009 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | 4 Comments »
Inilah rahasia agar penis atau zakar anda tidak lembek, melainkan tegak kokoh kuat dan selalu siap bertempur, tahu jamu nya apa ? ini lho….
1. Pakailah otak ayam jantan yang dicampur madu lalu usapkan pada penis, niscaya persetubuhan dengan istri lebih nikmat.
2. Atau diusap dengan empedu ayam betina maka sang istri makin tergila-gila pada anda.
3. Jika penis lembek atau loyo:
– Sebelum bersenggama basuhlah penis anda dengan air hangat sambil diurut-urut hingga merah dan tegang.
– Lalu diusap dengan madu jahe
– Dengan cara tersebut penis anda akan membesar dan tegang dan anda tinggal meneruskan tugas anda.

RESEP UNTUK KEJANG OTOT KAKI

September 16th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 9 Comments »
Kelelahan bekerja dapat menyebabkan kejang-kejang pada otot-otot di seluruh persendian. Ataupun kalau anda tidak pernah berjalan jauh, tanpa latihan jalan, langsung dipaksa untuk mengikuti perjalanari jauh. Ini menyebabkan kejang pada otot-otot di kaki. Dan ada juga karena mengangkat sesuatu benda yang berat. Dan lain sebagainya. Masih banyak lagi penyebabnya. Janganlah anda bingung, anda dapat menghilangkan rasa kejang itu. Dengan resep di bawah ini:
Ambillah segenggam nasi, kemudian diseduh dengan air panas. Dan diremas-remas sampai lumat. Campurkan sedikit garam pada nasi yang sudah dilumatkan tadi kurang lebih 1 sendok makan, lalu aduk hingga rata. Cara mengobati adonan tadi tempelkan pada bagian yang sakit dan kejang. Boleh dibuktikan kemanjurannya, Hasilnya dapat dilihat saat itu juga, rasa sakit dan kejang pada kaki akan hilang.

CARA MEMBASMI ULAT POHON

September 16th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Siapapun orangnya akan jengkel apabila melihat tanamannya tidak subur gara-gara dikeroyok ulat. Sebab hasil tanaman tersebut akan jelek-jelek, lagi pula cuma sedikit. Misalnya: jeruk atau jambu anda diserang ulat, anda akan marah. Tapi jika cara jamu manjur dipakai, Insya Allah akan teratasi semua masalah itu.
Untuk melindungi kelestarian pohon-pohon yang kita peli-hara susah payah tersebut, maka dapat mempergunakan kapur yang dicampur gemuk, dicampur sedemikian rupa seperti membuat adonan kue. Adonan ini dibungkus dengan daun pisang dan ikatkan pada batang pohon yang menerima gangguan ulat. Sehari kemudian anda lihat, betapa banyak skali ulat-ulat yang mati, sehingga kita bisa menyelamatkan pohon dari kerusakan

GIGI

September 2nd, 2009 -- Posted in Jamu, TIP DAN TRIK | No Comments »
Sakit gigi merupakan sakit yang luar-biasa menyiksanya. Malahan ada yang bilang bahwa sakit itu nomor satu. Orang yang se­dang sakit gigi memang serba salah, sumpek dan menjengkelkan. Mendengar suara agak keras saja sudah bingung, pokoknya tidak enak sama sekali. Apalagi gigi yang berlubang, biasanya kumat sakitnya, aduh! rasanya sampai merasuk tulang-tulang sakitnya. Ini bisa mengakibatkan penderitanya mudah marah.
Untuk melenyapkan rasa sakit gigi seperti tersebut itu mudah saja. Asal anda mau ikuti resep-resep kami di bawah ini.
Adapun caranya:
- Satu tetes getah kamboja/semboja atau
- Satu tetes getah jarak pagar atau
- Satu tetes minyak cengkeh atau
- Satu tetes minyak bakaran tempurung kelapa atau
- Sepuluh lembar daun sirih, masukkan dalam geias tuangi air panas, tutup rapat-rapat (tunggu supaya jadi hangat) lalu di -pakai berkumur.
Tapi jangan lupa untuk menggosok gigi setiap hari minimal 2 kali yaitu pagi dan sore. Ingat. gigi yang sehat adalah gigi yang terawat baik.
CARA MEMELIHARA GIGI
Senyuman yang mempesonakan terlihat dari perawatan gigi an­da. Setiap insan mendambakan gigi yang teratur dan indah. Cemerlang Tetapi logat dan kebiasaan bisa mempengaruhinya. Kebiasaan itu sukar dihilangkan, misalnya kebiasaan merokok, ini akan merusak gigi anda. Kemungkinan akan terjadi goresan-goresan kecoklat-an pada gigi anda. Sehingga dapat mengurangi penilaian terhadap diri anda.
Kalau gigi kita tidak sehat, mengunyah makananpun akan terasa sakit. Sebaiknya kita memakan makanan yang sehat misal­nya buah-buahan apel, atau dari jenis sayuran contohnya wortel, seledri dan lain sebagainya, masih banyak lagi. Makanan ini akan memperindah gigi, dan sebenarnya kita sudah memberikan makan­an kepada gigi. Makanya gigi semakin cemerlang dan bagus.

KHASIAT APOKAT, APEL, KETIMUN, MINYAK JARAK & PUTIH TELUR

September 2nd, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 4 Comments »
KHASIAT APOKAT
Buah-buahan disamping juga berguna bagi kesehatan tubuh kita, memang kadar gizinya sangat tinggi. Ini yang diproses dari dalam, kalau proses dari luar buah apokat ini bisa dipakai sebagai masker atau pelembab. Dan pelembab ini sangat baik untuk kulit kering. Banyak mengandung vitamin A, B, C, dan D.
Caranya membuat pelembab:
Ambil buah apokat, kemudian garuk, diambil dagingnya. Lalu dihaluskan hingga serupa bubur, Poleskan pada kulit muka sampai rata, biarkan sampai kering, kemudian basuh dengan air.
KHASIAT BUAH APEL
Telah diuraikan di atas bahwasanya buahpun berguna bagi tubuh kita, yang perawatannya dari luar. Bukan hanya buah apokat, kini kita coba membuat dari buah apel.
Buah apel dipotong untuk mempermudah menumbukkan. Se-sudah itu diperas diambil air sarinya. Namun bisa juga langsung dipakai dengan potongan-potongan apel tadi sebelum ditumbuk.
Caranya memakai: dengan mengoleskan air sari apel pada mu¬ka sampai rata, lalu biarkan hingga kering kemudian dibasuh dengan air dingin.
Ramuan atau air sari apel ini merupakan pembersih, penyegar dan dapat dipakai sebagai pengganti sabun.
KHASIAT KETIMUN
Ketimun merupakan buah yang serba guna, dimakan biasa sa¬ngat segar, dimasak juga lezat. Dipakai hiasan juga indah. Renting anda ketahui!!
Kegunaan ketimun kali ini sebagai obat dan alat kosmetika tradisi-onal. Bahan penyegar yang dingin, obat pernbersih dan pelembab sekaligus. Cara-caranya:
Cacalah ketimun dan hancurkan tidak perlu sampai terlalu lurrtat, kemudian bubuhkan pada kulit dan air ketimun juga pergunakan untuk mencacapi muka merata. Hasilnya sangat baik sekaii untuk memperhalus kulit muka.

KHASIAT MINYAK JARAK

Manusia di atas dunia ini hampir seluruhnya, ingin awet muda, tQtap nampak ceria terutama wanita. Kaum ini memang sulit menerima kenyataan. Biar sudah tua tapi masih tetap ingin cantik kayak remaja.
Untuk anda yang tidak mau ketinggalan cobalah lakukan re-ep kami di bawah ini, Minyak jarak atau minyak castor merupa-kan pelembab kulit yang sangat hebat. Salah satu cara yang paling baik untuk melenyapkan kerut-kerut ketuaan pada sekitar teher dan pelupuk mata.
Caranya:
Oleskan rata minyak jarak ini pada bagian yang terdapat kerut ketuaan dan kerut-kerut itu pasti lenyap.
KHASIAT PUTIH TELUR
Pori-pori kulit yang terlalu besar ini juga suatu masalah bagi kaum wanita. Namun kalau kita tahu cara merawatnya, tidak terlalu sukar untuk mengatasinya: putih telurayam, ini sangat diperlukan untuk muka, karena dapat mengencangkan kulit dan dapat menutup pori-pori muka yang besar, kulit muka tampak segar serta garis-garis kulit akan terlihat rata.
Dianjurkan: dalam memakai putih telur ini jangan terlalu se-ring, karena akibatnya kurang baik. Cuma diperbolehkan penggunaannya satu kali sebulan.
Jamumanjur.com selalu memberikan informasi terbaik untuk kesehatan anda

Tips & Trik Dapur Kita

September 1st, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 2 Comments »
AGAR DENDENG CEPAT EMPUK
Jika kita menggoreng dendeng, kemudian ternyata dendeng itu alot dan liat, keras kurang lezat dimakan. Langsung kita bilang mungkin pembuatan dendeng ini kurang baik. Tapi belum tentu begitu. Mungkin juga disebabkan kita yang kurang baik memasak-nya. Walaupun tampaknya pekerjaan menggoreng dendeng mudah sekali.Memasak dendeng supaya empuk, bisa anda lakukan dengan mudah. Ambillah sepiring air bersih, letakkan di dekat tempat penggorengan. Waktu akan menggoreng dendeng, celuplah dalam air itu. Tidak dicelup saja, wajan yang telah disi, minyak dan sudah dipanaskan.
SUPAYA TERIGU TIDAK APEK
Bagi para ibu rurhah tangga umumnya takut menyimpan te-pung terigu, karena biasanya jika sudah disimpan beberapa waktu, tepung terigu tersebut bisa menjadi apek dan mnyiarkan bau yang tidak sedap jika dibuat kue atau masakan lainnya.
Tetapi supaya tepung terigu tidak menjadi bau apek mudah saja mencegahnya. Masukkan kedalam kantong penyimpanan te¬pung terigu itu beberapa potong arang. Tentu saja potongan arang itu sebelum dimasukkan ke dalam bungkusan tepung terigu harus dibungkus dulu oleh sehelai kain, dan dengan demikian tepung terigu tidak akan menyiarkan bau apek, biarpun disimpan cukup

DAUN PAN DAN AGAR LEBIH TAHAN LAMA
Daun pandan memang sering dipakai untuk membuat kue, dan lain-lain. Daun itu membawakan bau yang harum dan tidak mem-bosankan.
Untuk mengawetkan ada cara tersendiri: Agardaun pandan ti¬dak cepat iayu dan kering ada 2 cara:
1. Cara pertama, anda pilih pandan yang memiliki akar kemudian simpan di sebuah stoples yang telah diisi air, agar akar pandan itu terendam. Maka sedikitnya daun pandan itu bisa tahan sampai
1 bulan.
2. Cara yang kedua, daun pandan yang memiliki akar itu anda tancapkan di tanah, dengan mudah sekali pandan itu tumbuh tak akan Iayu tanpa perawatan sekalipun.

CARA MENYIMPAN BERAS YANG BAIK
Apabila anda membeli beras untuk persediaan yang cukup lama, misalnya saja 2 minggu. Janganlah beras itu andabiarkan di dalam karung atau dalama kantong kertas dan kemudian disimpan dalam lemari atau diletakkan begitu saja dalam lemari dan lantai. Rasanya bisa jadi hambar, karena beras bisa masuk angin. Hal ini disebabkan beras menyerap air yang dikandung oleh udara.
Penyimpanan beras yang baik ialah gentong plastik atau ember plastik. Jika ingin menyimpan beras di gentong tanah liat. Sebelumnya bagian luar gentong tanah liat itu kita labur dengan cairan semen untuk menutup gentong itu, agar udara tidak dapat merembes masuk melalui pori-pori tersebut.
Silakan anda mencoba !

MENGGUNAKAN COBEK BARU (AGAR TIDAK BAU TANAH)
Banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang mengeluh bahwa sambal yang akan dihidangkan suami tercinta ternyata berbau tidak enak. Baunya seperti mengandung pasir dan tanah. Itu semua
hanya gara-gara cobeknya yang lama sudah pecah, dan sekarang memakai cobek yang baru.
Untuk mengatasi masalah seperti itu gampang sekali! Andati-dak usah bingung, tak perlu cemas iagi menyuguhkan pada keluar-ga. Karena sambalnya akan lezat. Dari itu ikutilah resep kami di
bawah ini.
Ambillah sedikit minyak kelapa, permukaan cobek tadi di-olesi sampai rata. Kemudian panggang di atas api, sampai cobek itu berwarna hitam dan mengeluarkan asap. Angkat dan cucilah. Jika anda melakukannya hal itu 2 atau 3 kali, maka sambal yang anda buat di cobek itu tidak berpasir dan tidak berbau tanah Iagi. Cobek berubah menjadi cobek yang baik dan enak dipakai.

CARA MELENYAPKAN BAU AMIS WAJAN
Wajan akan berbau amis jika habis dipergunakan menggoreng ikan. Apalagi yang digoreng adalah ikan sungai bau amisnya bukan main. Ada sebuah cara untuk menghilangkan bau amis wajan. Cuci¬lah wajan atau penggorengan itu dengan cara biasaterlebih dahulu, kemudian pergunakan resep tradisional di bawah ini.
Ambillah ampas daun ten, kemudian rebuslah air dalam wajan selama 20 menit. Maka bau amis pada wajan akan segera lenyap.

AGAR KAIN TIDAK LUNTUR
Untuk menghemat pakaian-pakaian anda, supaya baju atau kain dari bahan cita yang luntur jadi tidak seberapa luntumya dan juga tidak cepat pudar wamanya, cobalah direndam dengan cam-puran berikut.
Dua biji kentang direbus dan dihancurkan kemudiandicam-pur dengan seperempat mangkok garam dan setengah mangkok cuka. Biarkan dulu sesaat lamanya, setelah itu masukkan kedalam campuran tersebut kira-kira 30 menit. Kemudian dicuci seperti biasa, pasti lunturnya berkurang sekali. Kemungkinan malah tidak luntur.

JIKA PANCI ANDA BOCOR ?

Kami sering mendengar keluhan ibu-ibu rumah tangga tentang kejengkelan waktu memasak sayur, tahu-tahu kog panci alumini¬um yang masih bagus ternyata sudah bocor.
Tetapi kesulitan itu bisa diatasi dengan segera, tanpa perlu menunggu tukang solder.
Caranya?
Ambillah sedikit kapur sirih, lalu dicampur dengan gula jawa (gula merah), basahkan dengan beberapa tetes air. Campuran ini dibuat sampai kental dan berwarna coklat, remas-remas beberapa saat kemudian pergunakanlah dempul ini untuk menambal bagi-an yang berlobang “di panci. Tunggu sampai dempul itu kering dan barulah memakai panci itu untuk memasak.
Bila anda membuat dempulnya cukup baik, juga waktu mencu-ci panci tersebut tidak digosok keras-keras, maka panci yang te-lah didempul itu sanggup bertahan berbulan-bulan tidak bocor. Tentu saja, ini pertolongan darurat buat panci yang bocor, alang-kah bijaksananya jika ada tukang solder yang lewat, cepat-cepat disolder lubang yang ada pada panci itu tanpa menunggu dempul tersebut menjadi rusak dan panci bocor kembali.



 

GONDONGAN PADA TUBUH

August 26th, 2009 -- Posted in Jamu, PENYAKIT, TIP DAN TRIK | No Comments »
Gondongan adalah penyakit yang sangat menyusahkan bagi para keluarga, dan orang yang menderita penyakit gondongan dapat ditandai membenjolnya pipi sebelah kanan atau kiri, atau pula bagian tubuh yang kadang-kadang menempat pada tempat kemaluan baik bagi wanita maupun kaum lelaki.
Bila terjadi pada anda obatilah secara rutin sebagaimana yang diterangkan sebagai berikut:
Ambillah daun/bahan pembiru pakaian (samok bahasa jawanya), lalu campurlah bahan itu dengan air, kemudian oleskan pada bagian yang membenjol dengan merata. Insya Allah dalam wak­tu yang tidak lama benjolan itu akan segera mengempis dan ra­sa sakitnya akan hilang.

Kepala Kita

August 26th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
JABIN (BOTAK KEPALA)
Apabila seseorang diserang penyakit jabin (botak kepala) ma-ka ambillah 40% gula dengan 10%cokak,taruhlah di 150% air kemudian diminumkan.
Cara membuatnya untuk diminum bagi si penderita (untuk pe-nahan sakit jabin Juga penyembuhannya), ambillah 100% gula dan 50% cokak, taruhlah pada 45% air lalu masaklah di atas api yang halus (kecil-kecil saja) hingga mendidih dan agak kental, setelah itu angkat. Didihan ramuan yang mengental tadi ± 10%dicampur air 50% kemudian diminum.
Silahkan mencoba!
MENGHITAMKAN RAMBUT
Banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana agar rambut menjadi hitam, mengkilap dan lembut? memang banyak rambut yang kusam dan coklat kuning karena terjemur di terik panas matahari atau disebabkan hal lain.
Cara menghitamkan rambut sangat mudah. Sisa-sisa teh yang masih tertinggal di dapur jangan dibuang, karena bisa dipakai un¬tuk menghitamkan rambut. Jadi, setiap pagi rambut dibasahi de¬ngan air teh yang masih tertinggal di dapur (biasanya disebut teh basi), dilakukan dengan teratur dan tak pernah bosan. Selain ram-but bisa menjadi hitam berkilau, juga uban akan tertahan timbul di kepala kita. continue reading »

MENGHILANGKAN KEMBUNG PADA PERUT

August 25th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Perut kembung dan terasa tidak enak, dimana orang biasa menyebutnya masuk angin, perut terus terasa mendedel dan mual, juga terasa membusung kembung, jika diketuk-ketuk perlahan akan berbunyi seakan perut yang kosong.
Untuk melenyapkan kembung pada perut, baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak, bisa mempergunakan JAMUMANJUR.COM yang sangat ampuh, yaitu dengan dikop mempergunakan gelas.
Caranya ialah:
Ambil selembar kertas tik ukuran folio. Lipat dua, kemudian dibuat kerucut, segitiga piramid. Ujung kerucut yang lancip itu
diolesi sedikit minyak sayur ± 1 cm. Letakkan kerucut tersebut di atas perut, di atas maupun di bawah pusar 1 jari, Nyalakan ujung kerucut tdrsebut, dan setelah api menyala bagus, pergunakan se-buah gelas untuk menutup api tersebut, maka api tak lama kemu-dian’akan padam, dimana kulit perut anda akan terhisap kuat oleh gelas, sehingga membentuk 1/2 lingkaran bola kasti. Ulangi di sekeliling pusar beberapa kali kop dengan gelas tersebut, niscaya kembung pada perut akan lenyap.
Tetapi yang perlu anda perhatikan benar-benar, waktu ingin mengkop perut, haruslah hati-hati sekali, jangan sampai kulit pe¬rut terbakar. Karena itu meletakkan kerucut harus tepat benar, dan bagian bawah kerucut harus dilipat kedalam, sehingga memi-liki kekuatan untuk didirikan di perut.

KHASIAT DAUN INAI (DAUN PACAR)

August 25th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Daun inai biasanya sering dipakai untuk cat kuku atau cutex, Namun di samping itu masih ada gunanya yang lain, yakni sebagai obat luka.
Jika kuku tangan anda membengkak, atau jari kuku tersandung batu, maka gunakanlah daun inai/pacar untuk mengobati-nya.
Caranya:
— Daun inai/pacar ditumbuk sampai halus.
— Dicampur sedikit tawas.
— Lalu tempejkan ramuan tadi pada bagian yang sakit.
Insya Allah bengkak akan segera hilang.
MANFAAT BLIMBING WULUH
Bagi anda yang suka mewarnai kuku dengan daun pacar, agar tampak merah, mengkilat dan bersih, gunakan cara ini. Tumbuklah daun pacar dicampur dengan gambir sampai halus jika sudah halus biarkan tertempel pada kuku seiama satu malam.
Untuk membersihkan kuku dan memberikan warna merah, gunakanlah blimbing wuluh dengan cara menggosok-gosokkan-nya pada kuku. Lalu cucilah dengan air. Hasilnya akan memuaskan.

KHASIAT KOPI DAN TELUR

August 25th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Bagi orang yang sering keluyuran malam hari, tentu mereka biasanya kurang tidur, sehingga kepalanya terasa pusing-pusing. Untuk mengatasi rasa pusing kepala seperti di atas, anda kami anjurkan menuruti resep-resep kami di bawah ini, Insya Allah akan sembuh.
Caranya :
Ambillah kopi bubuk 1 sendok makan. Lalu beri gula pasir sedikit. Kuning telur ayam kampung 1 butir. Semua bahan masukkan dalam gelas. Kemudian tuangkan 1/3 gelas air mendidih. Aduklah hingga tercampur menjadi satu. Tunggu sekitar 10 menit, dan minumlah.
Ramuan tersebut sangat oke… jamumanjur.com sudah nyoba ! Cobalah buktikan sendiri.

KHASIAT BUAH CERME

August 25th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Untuk menghilangkan ruam-ruam pada pipi bayi yang diberi ASl, ambillah buah cerme yang dipakai untuk manisan buah.
Cuci 2 atau 3 buah cerme kemudian parut untuk diambil airnya. Oleskan air cerme pada bagian yang luka. Lakukan satu atau dua kali dalam sehari sampai sembuh betul.
Rawatlah buah hati anda dengan cinta kasih. Bukankah anda juga ingin selalu tampak indah mulus dan bersih, tubuh bayinya? Untuk itu berhati-hatilah dalam mengasuh anak. Usahakan di-saat menyusui anda jangan sampai tertidur, Agar ASl tidak sampai tumpah keluar terlalu banyak, sehingga menetes pada pipi bayi
anda.
Menjaga akan lebih baik.dari pada mengobati setetah terjadi.

Incoming search terms for the article:

MENGATASI KEBIASAAN MENGOROK

August 24th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | 1 Comment »
Orang yang tidur mengorok itu sebenarnya kebiasaan kurang baik. Dari itu anda harus menjaganya jangan sampai berlarut-larut lama. Karena ada sebagian orang atau teman tidur anda ada yang merasa agak kurang senang bila mendengarnya. Ada pula sebagian orang yang merasa takut. Namun anda tak perlu cemas dan kecil hati, kami akan membantu memberikan obat mujarab, resep se-cara tradisional yang caranya tidak sukar.
Anda cukup mencari 2 ruas kunyit/kunir yang telah dicuci bersih, kemudian digecek pipih. Lalu campurkan dengan madu ta won sebanyak 2 sendok makan. Aduklah sehingga campuran kunir dan madu itu merata dan lengket.
Minum ramuan ini seminggu berturut-turut, jika anda lakukan dengan tekun disertai do’a maka Insya Allah kebiasaan mengorok anda segera hilang.

CARA UNTUK MELAHIRKAN DENGAN MUDAH (TANPA RASA SAKIT)

August 24th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Setiap seorang wanita atau seorang ibu yang sedang mengan-dung tentu mereka mengharapkan ingin melahirkan dengan gam-pang anak yang dikandungnya, karena persalinan yang sukar dan lama akan membahayakan kesehatannya ibu.
Apabila anda mempunyai keluarga yang akan melahirkan, cobalah anda mempraktekkan resep kami yang secara tradisional ini. Biayanya cukup murah dan mudah didapat. Ikutilah petunjuk dibawah ini :
Pada waktu anda hamil enam bulan, minumlah sesendok minyak kelapa seminggu tiga kali, dan apabila kandungan anda sudah berumur 9 bulan laksanakanlah lebih sering yaitu setiap hari.
Bila mungkin minyak kelapa itu adalah buatan sendiri untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya. Tetapi anda juga jangan sampai lupa berdo’a pada yang Maha Kuasa setiap saat agar kelak bisa melahirkan dengan mudah dan cepat. Juga mudah-mudahan Tuhan memberikan seorang anak yang sehat dan baik.

KHASIAT BUNGA DAN DAUN KENANGA

August 24th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Bunga dan daun kenanga ternyata dapat juga dipergunakan untuk menyembuhkan eksim.
Caranya sebagai berikut:
Carilah bunga dan daun kenanga yang baunya harum itu. Kemudian tumbukiah hingga halus, sesudah itu campurkan minyak kelapa buatan sendiri dan sebutir bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis.
Semua bahan ini dimasukkan ke dalam panci kecil, kemudian panaskan diatas kompor. Setelah panas angkat panci itu. Lalu diamkan sebentar. Setelah hangat-hangat kuku, terus oleskan pa-da kulit yang terkena eksim dengan kapas. Lakukan setiap malam bila mau tidur. Dalam waktu empat kali pernakaian, biasanya akan segera sembuh.

MANFAAT KULIT MANGGA (Mengatasi Pendarahan yang berlebihan ketika haid)

August 24th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Apabila anda membeli mangga, disamping rasanya yang segar dan banyak mengandung gizi tinggi itu, berarti anda dengan tidak sengaja sudah memiliki keuntungan ganda, yakni buah dan kulitnya.
Jika kebetulan anda yang sedang datang bulan, maka tepat sekali membeli mangga, kulitnya jangan dibuang, karena berkhasiat sekali !
Kulit mangga yang digoreng merupakan obat yang mujarab untuk pendarahan yang berlebihan selama haid. Ambillah kulit mangga yang masih hijau warnanya, goreng dalam minyak yang sudah panas. Setelah masak, makanlah, ulangi sampai pendarahan itu berkurang. Niscaya penderitaan itu akan sirna.
Anda akan sehat kembali.

KHASIAT DARAH KAMBING

August 24th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Eksim adalah sejenis penyakit yang gatal-gatal dan biasanya terdapat di sela-sela jari kaki maupun jari tangan, bisa juga pada sudut-sudut bibir.
Jika anda sudah berobat dan masih belum sembuh, maka cobalah mengobati dengan cara tradisional yang kami suguhkan ini. •
Darah kambing yang masih segar dapat membasmi kutu air atau gatal-gatal di kaki tersebut. Gesekkanlah telapak kaki yang terserang kutu air atau eksim itu pada genangan darah kambing sampai cairan darah mengental. Biarkan beberapa saat, kemudian cue! kaki anda dengan air hangat suam-suam kuku sampai bersih.
Dalam beberapa hari telapak kaki akan sembuh kembali. La-kukanlah! Jika anda punya darah kambing, manfaatkanlah untuk obat kaki anda yang terserang gatal!

MANFAAT AIR KELAPA

August 24th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Luka/koreng yang banyak menyerang orang dewasa terutama anak-anak, mulanya hanya merupakan bintik-bintik kecil kira-kira sebesar kacang tunggak, karena terus-menerus digaruk, lama-kelamaan timbullah koreng yang membesar. Rupanya menjijikkan sekali baunya tidak enak. Kalau luka di kaki biasanya akan me-ninggalkan bekas berwarna hitam.
Untuk menghilangkan luka/koreng seperti di atas anda bisa mengikuti resep kami sebagai berikut ini :
Basuhlah luka/koreng anda dengan air kelapa. Biarkan sampai kering, kemudian baru dibasuh dengan air dingin. Insya Allah be¬kas luka atau koreng akan hiiang. Jika tidak! Anda bisa memakai salep yang terbuat dari kelapa.
Caranya :
Kelapa dibagi 2, yang separoh lalu dibakar sampai hangus se¬perti arang. Lalu ditumbuk halus seperti bubuk. Setelah itu bubuhilah minyak kelapa 2 sendok makan. Aduklah! Sehingga seperti salep.

UNTUK MENCEGAH RAMBUT RONTOK

August 24th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Rambut merupakan makhkota anda. Untuk itu rawatlah sebaik mungkin, agar anda tampak selalu anggun dan mempesona.
Bila anda membeli semangka, manfaatkanlah disamping dagingnya yang manis dan segar itu juga jangan lupa kulitnya.
Agar rambut anda tetap kelihatan indah dan tidak rontok, gosokkanlah kulit semangka yang tinggal dagingnya yang putih itu, pada kulit kepala anda. Lakukanlah satu minggu sekali, sehari sebelum berkeramas. Buktikan sendiri khasiatnya.

CARA MENGAWETKAN MADU

August 24th, 2009 -- Posted in TIP DAN TRIK | No Comments »
Madu penting sekali artinya bagi campuran segala macam jamu atau obat. Seringkali madu kita terasa tengik baunya Jika disimpan selama berbulan-bulan. Apatagi madu asli yang baru diambii dari sarangnya (tolo). Nah untuk menyimpan madu agar awet dan segar serta tidak berbau tengik, ikutilah cara di bawah ini :
Jika anda mempunyai madu yang baru diambii dari sarangnya (tolo), tuangkan pada rantang dan panaskan sampai mendi-
dih, kemudian dinginkan. Simpanlah dalam botol, tutup rapat-rapat dan tempatkan pada tempat yang dingin.
Madu ini akan tahan hingga berbulan-bulan dan tidak akan tengik baunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar