Senin, 30 Mei 2011

sekilas info unik tapi nyata the news believe or not


Olahraga Ekstrim: Cluster Ballooning dengan Balon Helium

Posted by Mimin-ATN on 8:22 AM
Di luar negeri sana olahraga ini disebut "Clustering Ballooning". Kelihatannya seperti bergelantungan dibawa sekumpulan strawberry raksasa. Anda akan merasakan pengalaman yang lain dengan berada di antara awan di langit seorang diri. Mau coba?



Cluser Ballooning sebenarnya olahraga yang tidak rumit. Sang pilotnya diikatkan pada sekumpulan balon helium yang ukuran masing-masingnya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan balon udara biasa. Mengendalikannya ternyata tidaklah mudah. Tanpa ventilasi yang biasa digunakan pada balon udara biasa untuk kontrol ketinggian, cluster balloon hampir-hampir tidak bisa dikendalikan, sehingga kadang-kadang sang pilot harus memecahkan atau memutus balon-balonnya untuk mengurangi ketinggian. Pemberat seperti botol air dapat digunakan untuk membantu balon mendaki atau berakselerasi dan turun ke bumi. Waks!


Untuk menaikinya tidak diperlukan lisensi khusus, tetapi hanya beberapa gelintir orang saja yang mampu menaklukannya. Salah satunya adalah John Ninomiya yang menurutnya ini adalah suatu olahraga yang ekstrim dan eksentrik. Dia sudah terbang 60 kali (hingga saat ini) dan menjadi yang paling sering menerbangkannya. Dia menggunakan balon-balon helium sebanyak antara 50 hingga 100 balon, dan mengklaim pernah terbang hingga ketinggian 21.400 kaki (4 mil).


Bagi Ninomiya olahraga gila ini memang aneh dilihat dari alat dan tekniknya, yang jelas-jelas sulit untuk melakukannya dengan aman. Menurutnya dia menyukai tantangan cluster ballooning yang membutuhkan skill tinggi agar tidak terjadi kecelakaan yang bisa melukai atau bahkan membunuhnya.


Pernah terjadi di tahun 2007 Kent Couch dibawa oleh balon-balon heliumnya yang sebanyak 105 buah hingga jarak 193 mil. Dia sendiri hanya membawa alat-alat amatir untuk mengukur kecepatan dan ketinggiannya serta GPS untuk tracking posisinya.


Tahun 2008 seorang pendeta Katolik Adelir Antonio de Carli terbang dari Brazil dengan 1000 balon dan terbawa angin hingga ke lautan. Jasadnya akhirnya ditemukan di lepas pantai. Meski resikonya sangat besar, orang-orang seperti Ninomiya atau Mike Howard (yang pernah masuk buku rekor dunia karena mencapai ketinggian 18.300 kaki dengan 400 balon helium) tetap menikmatinya tantangannya. Howard pernah terbang untuk Greenpeace ketika memprotes tambang batubara Jerman dengan menggunakan 600 balon.





Momen-momen Lucu dalam Olahraga

Posted by Mimin-ATN on 8:00 AM
Olahraga tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Olahraga dibutuhkan untuk keseimbangan antara kesibukannya dengan menjaga kebugaran tubhnya. Sedemikian pentingnya olahraga ini sehingga diadakanlah kompetisi-kompetisi yang memacu manusia agar lebih giat lagi berolahraga dan mencetak prestasi. Sayangnya tidak semuanya berjalan dengan mulus...

























Kendaraan-kendaraan Unik nan Canggih

Posted by Mimin-ATN on 9:17 AM
Kendaraan telah berevolusi ke arah bentuk-bentuk yang semakin canggih, praktis, efisien, multifungsi, nyaman dan aman digunakan. Rumah-rumah desain otomotif dunia berlomba-lomba menghadirkan kendaraan-kendaraan yang mencoba memenuhi kebutuhan manusia dengan menawarkan berbagai keunggulan. Inilah sebagian di antaranya, masih berupa konsep dan ada yang sudah siap dipesan dan diboyong ke garasi.





Sepeda dengan Music Player


Desain hasil karya Reindy Allendra ini menggabungkan music player dengan sepeda. Musik tidak bisa lepas dari aktivitas kehidupan sehari-hari. Untuk itulah sepeda ini didesain, digunakan untuk olahraga, bekerja, atau untuk sekedar jalan-jalan tanpa lepas dari alunan musik.


Music playernya dipasang di setang yang bisa dirubah-rubah posisinya dan mampu mengkonversi energi dari roda sepeda untuk mengisi baterai yang digunakan tidak hanya untuk music player-nya tapi juga untuk menyalakan lampu di malam hari

Mobil Konsep MAG LEV


Mobil konsep ini ditenagai oleh mesin listrik yang menghasilkan medan magnet yang mampu membuatnya berjalan.


Mobil MAG ini membutuhkan semua onderdilnya berjalan berdasarkan magnetisasi, yang agak impossible untuk implementasi skala besar. Tapi teknologinya sangat mengurangi kebutuhan akan energi untuk menggerakkannya karena motor elektromagnetiknya yang mampu mengurangi berat hingga 50 persen.



Proxima Konsep Hybird Sepeda Motor/Mobil


Proxima dimaksudkan untuk mengawinkan antara sebuah mobil dengan sepeda motor. Punya dua tempat duduk dengan desain minimalis yang tidak memenuhi jalan atau tempat parkir.









13 Modifikasi Mobil Paling Gila

Posted by Mimin-ATN on 9:04 AM
Modifikasi mobil biasanya menampilkan mobil-mobil yang cantik atau yang canggih dengan aksesoris-aksesoris mahal. Tapi yang ini benar-benar bikin orang geleng-geleng kepala tapi bukan karena kagum dan berguman "luar biasa", melainkan "wong edan..."



VW Kodok Transparan



Idenya dari film Back to The Future



Mobil Berotot

Mobil Gangster dari Jepang

Mobil Kucing

Mobil Kardus

Kodok Jadi Kura-kura





Mobil Sepatu

VW Kodok yang jadi UFO






7 Akuarium Paling Indah dan Mempesona di Dunia


·                     Dubai akuarium di Dubai Mall
Stingrays (ikan pari) sedang berenang di dalam Akuarium Dubai di Dubai Mall. Mempunyai luas sama dengan 50 X lapangan bola. The Dubai Aquarium - luas, menghibur, dan didesain dengan sempurna. Terdiri dari tiga deck dan terowongan kaca yang menunjukan keeksotisan kehidupan bawah air.
·                     Akuarium Georgia, Atlanta
Akuarium terbesar di dunia yang terletak di Atlanta. Sebuah rumah yang menakjubkan bagi lenih dari 100.000 hewan-hewan dan 500 spesies laut yang berbeda. Dengan kapasitas 8,1 juta galon (31.000 m³) air laut yg segar.

·                     Akuarium Churaumi, Okinawa
Akuarium Terbesar Kedua di Dunia, Churaumi Aquarium, bagian dari Ocean Expo Commemorative National Government Park, berlokasi di Motobu, Okinawa, Jepang. Berkapasitas 7.500 m³ (1.981.290) air laut. Satu dari beberapa tempat dimana para pengunjung dapat melihat variasi yang menakjubkan dari makhluk-makhluk laut seperti hiu berukuran rakasasa.

·                     The Aquarium of Western Australia (AQWA)
AQWA, sebuah petualangan dunia bawah laut yang sukar dipercaya yang ada di Australia Bagian Barat. "dari air dingin sampai ke selatan lautan surga tropis yang berisikan batuan karang dan koral di Utara.
AQWA adalah akuarium yang resmi dibuka sebagai Dunia Bawah Laut (Underwater World) Perth pada 13 April 1988 dan di akuisisi sekarang oleh pemilik yg baru, Coral World International and Morris Kahn, pada 1991. Kemudian berubah nama menjadi sekarang ini (AQWA) pada 1 Januari, 2001. Fasilitas ini telah menampung kurang lebih 400 spesies hewan laut.

·                     UShaka Marine World
Akuarium terbesar di Afrika - UShaka Marine World, berlokasi di sepanjang dataran antara batas pemukiman pantai dan pelabuhan di Durban. KwaZulu-Natal, Afrika Selatan; sebuah taman hiburan yang menawan dan selain itu juga sebagai akuarium terbesar ke-5 dengan 32 tanki air. Hewan-hewan laut yang bisa ditemukan dari kuda laut yang kecil sampai hiu dan lumba-lumba. Akurium tersebut sengaja didesain agar terlihat seperti bagian kabin kapal yang karam.

·                     AquaDom, Radisson Hotel Aquarium
Pembangunan The AquaDom diresmikan pada bulan Desember 2003 dan menghabiskan biaya sekitar 12.8 juta Euros. Silinder kaca akrilik nya dibangun oleh perusahaan asal Amerika, Reynolds Polymer Technology.
Silinder bagian luarnya dirakit di tempat itu dari empat buah potongan; silinder bagian dalam lift dibuat dalam satu potongan. The Aquadom adalah kaca akrilik silinder terbesar di dunia, dengan diameter sepanjang lebih dari 11 meter dan dibangun diatas fondasi setinggi 9 meter.

·                     Akuarium Virtual 32 Juta Dollar
Serasa di bawah laut, itulah yang mungkin sobat rasakan ketika akan memasuki salah satu mall yang baru berdiri di Beijing ini. Karena dengan atap kanopi yang berupa layar LCD berukuran 250mx30m, selain untuk perlindungan dari panas matahari, sobat juga bisa menyaksikan suasana khas bawah laut. Layar LCD setinggi 80 kaki ini merupakan kombinasi dari 5 layar LCD yang mempunyai luas 7.500 meter persegi (sebagai perbandingan luas lapangan sepakbola hanya 5.500 meter persegi). Tapi, jangan tanya total biaya pemasangannya, pemasangan layar LCD ini menghabiskan dana sebesar $ 32 juta.




Desain Modern dan Eksotik Modifikasi Truk Masa Depan



Luigi Colani telah merancang banyak hal-hal menakjubkan. Di sini Anda dapat melihat beberapa truk rancangannya yang begitu menarik dan cantik. Truk ini sebenarnya digunakan saat ini dan benar-benar awalnya dirancang tahun 1980-an. Perubahan yang telah dilakukan kepada mereka selama bertahun-tahun untuk apa yang Anda lihat hari ini.
















7 Fenomena Alam Teraneh & Menakjubkan


Suatu fenomena alam merupakan hal yang tercipta akibat perpaduan faktor alam dengan faktor yang lainya. Tetapi fenomena alam itu memiliki kurun waktu yang singkat dan jarang sekali terjadi untuk yang kedua kalnya. Berikut 7 Fenomena alam teraneh sekaligus menakjubkan

1. Api Terjun (Horsetail Falls) 
Fenomena Api Terjun ini terdapat di Yosemite National Park yang terletak di California. Dinamakan Api terjun karena pada saat air jatuh dari ketinggian sekitar 2000 kaki, mirip dengan cairan lava yang sedang jatuh dari atas. Sebenarnya fenomena ini bukanlah lava yang jatuh, melainkan air yang sedang terjun mendapatkan efek dari sinar matahari yang akan terbenam. Namun fenomena ini harus didukung dengan cuaca yang cerah, keberadaan matahari yang tepat saat menyinari air, dan debit air yang cukup banyak untuk bisa membuat Air terjun di Yosemite National Park mirip dengan cairan lava yang sedang jatuh.
2. Ice Circle
Fenomena Ice Circle ini bisa terjadi di mana saja. Biasanya fenomena ini sering terjadi di daerah sungai yang meiliki arus yang lambat serta iklim yang dingin. Bentuknya mirip seperti piringan yang berputar secara perlahan. Fenomena ini juga pernah terjadi sekitar tahun 1930 di Toronto, Canada.

3. Crop Circle 
Mendengar namanya, pasti fenomena ini sudah tak asling lagi di telinga kita. Yah, itulah Crop Circle. Sebuah lingkaran yang mempunyai motif berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Fenomena ini pertama kali muncul sekitar akhir tahun 1970-an di London, Inggris. Namun di Indonesia juga fenomena ini pernah muncul, yakni di Sleman, Yogyakarta pada 23 Januari 2011. Penyebab utama pembuatan Crop Circle ini masih menyimpan banyak tanya. Apakah buatan manusia, buatan alam, atau buatan makhluk dari luar bumi. Kini masalah itu saling diperdebatkan, tapi kebanyakan dari ilmuwan berpendapat bahwa Crop Circle itu dibuat oleh tangang-tangan kreatif manusia.

4. Gelombang Beku
Fenomena ini terjadi di daerah Antartika. Penyebab utama terjadinya gelombang beku ini yaitu reaksi antara salju dengan kondisi di Antartika. Misalnya ketka sebuah gunung es yang jatuh ke laut maka akan menimbulkan sebuah gelombang, dari gelombang itu bereaksi dengan salju dan akan menghasilkan gelombang beku. Apabila gunung es yang jatuh ke laut membawa Alga, maka gelombang yang terbentuk akan memiliki garis-garis warna seperti, hijau, coklat, hitam dan kuning.

5. Halo Matahari (Cincin Matahari) 
Fenomena ini sebenarnya pernah terjadi di San Frasisco, dan di negara Indonesia pun juga pernah merasakan fenomena ini yaitu pada tanggal 04 Januari 2011 yang terjadi di kota Yogyakarta. Namun sebelumnya juga fenomena ini pernah terjadi di Padang pada tahun 2009. Fenomena ini terbentuk akibat kristal es yang membentuk sebuah busur berwarna putih dan berbintik-bintik yang dibiaskan ke atas langit sehingga menciptakan sebuah cincin yang mengelilingi matahari. Namun ada opsi lain yang bisa menciptakan lingkaran cincin diantara matahari, yaitu faktor cuaca yang dingin. Karena cuaca dingin dapat membuat kristal-kristal es yang sudah berubah menjadi debu berlian mengapung ke udara dan menimbulkan cahaya yang melingkari matahari.
6. Pelangi Api (Fire Rainbow)
Di Indonesia, fenomena ini sempat terjadi di daerah Makasar. Tapi bagaiman fenomena itu bisa terjadi ? Fenomena yang biasa disebut 'Busur Circumhorizon' sebenarnya terjadi akibat sinar matahari yang menembus awan-awan terang yang berada di ketinggian yang cukup tinggi. Karena awan-awan itu terbentuk akibat kristal-kristal heksagonal, maka sinar matahari yang masuk melalui permukaan vertikal kristal-kristal di atas akan meninggalkan beberapa warna seperti pelangi.

7. Morning Glory Cloud
Fenomena ini tergolong suatu fenomena yang sangat langka. Namun fenomena ini pernah terjadi di Teluk Carpenataria, Australia. Awan ini mempunyai bentuk memanjang dengan panjang yang dapat mencapai 1000 km dan memiliki ketinggian antara 1-2 km. Awan ini sering disebut juga dengan istilah Solitary atau Soliton Wave karena bentuknya seperti gelombang yang bergerak dengan kecepatan 60km/h.






Foto - Foto Mengerikan dari Penjara Freetown Central Prison Sierre Leone

Freetown Central Prison adalah penjara di Freetown, Sierra Leone. Penjara ini dibangun untuk 220 rumah tahanan di era pra-kemerdekaan dan kini menjadi tempat bagi sekitar 1.000 tahanan. Banyak tahanan yang dihukum panjang di dalam penjara ini karena kasus-kasus besar kriminal ...

Republik Sierra Leone adalah sebuah negara di Afrika Barat, tepatnya di pesisir Samudra Atlantik. Negeri ini berbatasan dengan Guinea di sebelah utara, Liberia di tenggara dan Samudra Atlantik di barat daya.


  






















10 Bayi Paling Ajaib yang Pernah Lahir di Dunia

Setiap hari, ratusan ribu bayi lahir dan kebanyakan mereka adalah dianggap normal. Jarang, ada kasus di mana bahwa bayi adalah beberapa bentuk kelainan. Ada yang menyebutnya keajaiban bayi mereka dan lain-lain menyebut mereka kecelakaan genetik. Berikut adalah beberapa kasus yang cukup unik. Anda dapat memutuskan apakah mereka kecelakaan atau mukjizat.

10. Bayi Berekor

Bayi itu lahir di India pada tahun 2001. 10 ekor inch Nya diturunkan kepada dunia tahun setelah kelahirannya. Banyak orang India menganggap dia menjadi re-inkarnasi tuhan.

9. Bayi dengan 16 Jari


Anak kecil ini lahir di Cina pada tanggal 5 November 2008, ia memiliki 8 jari pada setiap kaki dan tidak ada ibu jari pada kedua tangan.

8. Bayi dengan 4 lengan dan 4 kaki


Gadis bayi (Lakshmi Tatma) lahir di India dan dianggap sebagai kembali-inkarnasi dari hindu dewa Wisnu

7. Bayi berkepala dua


Pada tahun 2008, seorang bayi lahir di Bangladesh dengan dua kepala.

6. Bermutasi Bayi


Bayi ini lahir pada tahun 2006 dengan kondisi yang disebut anencephaly. Apakah ada hubungannya dengan pembentukan otak yang tidak tepat atau tidak lengkap.

5. Bayi dengan jenis ichthyosis Harlequin


Bayi lahir di Gilgit, Pakistan lahir seperti kulit Harimau pada Maret 2010. Ada juga tampaknya menjadi sesuatu yang salah dengan, bibirnya tangan dan tutup mata. Bayi itu meninggal sesaat setelah melahirkan.

4. Bayi terkecil di dunia


Amillia Taylor dicatat untuk menjadi bayi terkecil yang pernah lahir dan untungnya, hanya dua minggu sebelum batas aborsi legal

3. Bayi Kembar Dua Antar Ras


Hal ini sangat menarik. Sama orang tua, tanggal yang sama lahir, rahim yang sama namun ras yang berbeda. Kedua anak-anak (Kaydon dan Layton Richardson) baru saja merayakan ulang tahun mereka pada bulan Juli 2010

2. Satu tahun hamil tua


Bayi perempuan kecil itu membawa kembar parasit di perutnya. Dia baru-baru ini beroperasi dan sekarang dengan baik dan normal.

1. Kembali dari kematian - Seorang bayi keajaiban


Keajaiban terbesar dari semua. Bayi prematur dinyatakan meninggal setelah lahir namun secara ajaib, dua jam kemudian bayi itu hidup dengan baik dan sehat.






10 Jenis Kelelawar Paling Aneh Di Dunia

Kelelawar telah lama melahirkan cerita-cerita horor (kelelawar vampir), mitos dan kesalahpahaman (seperti kebutaan). Kelelawar dalam segala bentuk dan ukuran dan merupakan makhluk yang sangat menarik dan unik. Daftar ini adalah daftar sepuluh kelelawar paling tidak biasa di sekitar kita.Jika Anda mengetahui ada yang lain, pastikan untuk menyebutkannya di komentar.

10 .Kelelawar Pisang
3193202738 7D1699D246
spesies eksklusif untuk Meksiko barat, kelelawar pisang yang terkenal karena moncongnya yang sangat panjang, terpanjang dari setiap kelelawar (relatif terhadap ukuran).

Hewan ini nectarivorous, yang berarti makan pada nektar yang merupakan penyerbuk penting dalam habitat hutan tropis .Ia mendapatkan namanya karena sering ditemukan di perkebunan pisang.
9.Kelelawar Hantu
Screen Shot 2011/03/04 Pada 2.07.34 Pm
Kelelawar berbulu putih ini ditemukan di hutan hujan tropis dari Meksiko ke Brasil, dan juga di Pulau Trinidad, di Karibia. Ini adalah hewan soliter yang menghabiskan siang hari bersarang di bawah daun palem, dan kemudian terbang tinggi di malam hari, berburu ngengat dan serangga terbang lainnya.
8.Kelelawar Chapin's
Screen Shot 2011/03/04 Pada 2.08.36 Pm
kelelawar ini mempunyai "rambut"yang aneh, dan kelelawar jantan mengeluarkan bau aneh untuk menarik perhatian betina selama musim kawin.
Mereka makan serangga dan hidup di hutan hujan Afrika Tengah.
7 .Kelelawar Bermuka Kerutan
4761391441 4A7F1E7D78 Z
spesies pemakan buah ini ditemukan di Meksiko dan Amerika Tengah, di mana ia dikenal sebagai "Murcielago viejito" ("kelelawar orang tua") atau Murcielago zopilote ("Kelelawar kondor"), karena tubuhnya agak telanjang dan keriput. Mereka memiliki lipatan besar kulit yang mereka gunakan sebagai masker untuk menutupi wajah mereka ketika mereka tidur.
6 .Kelelawar Bertelinga Besar
Big-eared-Bat 766 600X450
kelelawar terbang ini memakan serangga terbang, seperti kelelawar lainnya, menggunakan echolocation untuk menemukan mangsanya,telinga besar mereka memberi mereka pendengaran jauh lebih baik daripada kelelawar bertelinga kecil. Mereka memiliki genera beragam dan ditemukan di banyak bagian dunia.
5 .Kelelawar Pemancing
Fishing-Kelelawar-Eropa 29315 600X450
kelelawar besar ini hidup di Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan dan kebanyakan memakan ikan. Menggunakan kaki panjang bercakar untuk mengambil ikan di permukaan air dan kemudian memakan melalui sayapnya. yang relatif lebih kecil dari jenis Fishing Bat adalah Lesser Fishing Bat yang makanannya adalah serangga air.
4 .Kelelawar Bermuka Hantu
03Ea91A6423285F4D7Ce7De83Fcd
Kelelawar Bermuka Hantu banyak tersebar di Dunia Baru, dari Amerika Serikat selatan sampai Peru. Mereka nyaris tidak berhidung, memiliki flap kulit aneh yang keras di wajah mereka dan dahi yang sangat menonjol yang memberi mereka penampilan sangat aneh.
Mereka makan serangga nokturnal.
3 Sucker Footed Bat
M aurita
kelelawar ini, endemik Madagaskar, diperkirakan untuk menggunakan cup penyedot pada sayapnya dan pergelangan kaki untuk bergelantungan di daun palem dan permukaan halus lainnya.

Today it is known that they don´t use suction, but rather adhesion, by producing a sticky substance that acts as a glue- the same kind of adhesion found in tree frogs and salamanders.
Hari ini diketahui bahwa mereka tidak menggunakan tenaga hisap, melainkan adhesi, dengan menghasilkan zat lengket yang bertindak sebagai semacam-lem sama seperti adhesi ditemukan di katak pohon dan salamander.
2 .Kelelawar Berhidung Tabung
Tubenosedfruitbat

Ditemukan di hutan hujan Filipina, kelelawarini memiliki salah satu wajah aneh di antara mamalia. telinga gelap dengan bintik kuning, mata berwarna oranye dan, terutama, hidung yang mirip tabung, memberikan penampilan wajahnya mirip tokoh kartun. kebanyakan mereka makan buah ara dan buah-buahan lainnya, tetapi dalam keadaan tertentu mereka juga makan serangga .

1. Kelelawar Berkepala Palu
48471 Atau
Ditemukan di hutan hujan Afrika, kelelawar besar ini mendapatkan namanya karena bentuk kepalanya,yang besar juga aneh, tapi ini hanya pada yang jantan. Sebagian besar thorax kelelawar jantan adalah ruang untuk beresonansi yang memungkinkan mereka untuk menghasilkan suara yang sangat keras untuk menarik kelelawar betina. Mereka memakan buah-buahan dan, kadang-kadang, pada hewan lain.







10 Tanaman paling unik di dunia

1. Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia
Welwitschia Mirabilis

Memang tumbuhan yang satu ini nggak keliatan asik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa, cuma satu-satunya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter.
Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara. O ya, arti nama Onyanga adalah Bawang Padang Pasir!

2. Tanaman Karnivora
Dionaea Muscipula

Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan "Daun" yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.

3. Bunga Terbesar di Dunia
Rafflesia Arnoldii

Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Tapi masalahnya baunya ndak wangi, malah lebih mendekati daging busuk. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang adalah habitat asli bunga ini. Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.

4. Tanaman Menari
Desmodium Gyrans

Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini gampang skeali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.

5. Tanaman Bola Baseball
Euphorbia Obesa

Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.

6. Bunga Bangkai
Amorphophallus Titanum

Bunga yang satu ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. Nah.. bunga yang ini yang ternyata mendapat julukan bunga bangkai, karena selain baunya yang memang mirip bangkai, juga warnanya meniru daging yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.

7. Pohon Botol
Baobab

Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air! Makanya bisa tumbuh sampai 500 tahun!

8. Pohon Darah Naga
Dracaena Cinnabari

Tanaman ini asli kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata 'darah naga' dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah 'darah naga' pohon ini juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

9. Tanaman Kebangkitan
Selaginella Lepidophylla

Nama lain bunga ini adalah Bunga Jericho, tumbuhan gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan bahkan di saat kekeringan. Pada saat musin kering, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi bola. Dan begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya. Tanaman ini banyak ditemui di gurun Chihuahua

10. Pohon Dinamit
Hura Brasiliensis

Tanaman ini ternyata merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Julukan lainnya? Pohon Neraka, atau ada juga yang menjuluki Pohon Kotak Pasir (sandbox tree). Bayangkan saja, batangnya ditutupi duri tajam, dan sudah seperti itu, getah pohon ini ternyata beracun dan banyak digunakan oleh penduduk setempat untuk meracuni mata panah mereka. Selain itu, mereka juga punya buah. Dan buah pohon ini nggak main-main, begitu matang, buah pohon ini akan meledak! Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini! makanya namanya Dinamit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar