Senin, 13 Juni 2011

bagaimana cara Menjaga Kemanan terhadap account Paypal kita agar aman dari hacker

bagaimana cara Menjaga Kemanan terhadap account Paypal kita agar aman dari hacker



 Seiring perkembangan jaman maka alat pembayaran sekarang tidak terbatas dengan uang real, tetapi sekarang berupa uang di internet diantaranya Egold, Libertyserve, Moneybroker ,Palpay dan mlain-lain.
Kalo kita lihat memang dengan alat pembayaran seperti itu kita bisa dengan mudah bertransaksi baik itu belanja atau menjual di internet dari manapun dan tidak terbatas negara dan jenis uang yang digunakan. kita bisa membeli barang di toko online misalnya ebay,clickbank,Amazon dan beribu toko online lainnya diinternet tanpa kita keluar rumah.
Tapi kita pasti bertanya-tanya, apakah penyimpanan uang di internet itu bisa dikatakan aman atau tidak. Disini saya akan membicarakan keamanan dari salah satu jenis pembayaran online yang paling besar dan banyak digunakan di dunia maya, yaitu Paypal.
Paypal dikeluarkan oleh Ebay yaitu pasar online terbesar didunia, yang dulunya mulai digunakan untuk alat pembayaran di ebay saja, tetapi sekarang Paypal sudah digunakan disemua pembayaran online lainya.
Saat ini memang keamanan paypal sudah jauh meningkat dari masa ke masa,tetapi pasti seamana apapun suatu system itu pasti ada celahnya. walaupun kita sangat sulit untuk menembus keamanan paypal langsung tetapi para pencuri/penjahat akan memanfaatkan kelalain dari kita, jadi misalkan ada account paypal seseorang kena hack/dibobol, itu bukan langsung membobol ke paypal dan mendapatkan username dan password kita, melainkan memanfaatkan kelalaian kita dalam menggunakan Paypal, terutama email, karena email sangat berpengaruh dengan paypal, dengan mendapatkan email yg kita gunakan untuk mendaftar paypal, maka orang itu bisa menguasai paypal kita sampai kita menyadari bahwa account kita sudah diambil orang.
Dari situ dia bisa menggunakan Paypal kita untuk membeli barang semau dia, sampe paypal kita terkuras habis, apalagi kita menggunakan kartu kredit, wah sampau puas pasti orang itu menggukananya untuk belanja sampai batas limit kartukredit kita. dampaknya juga bisa kepada orang yang telah melayani transaksi pencuri ini, karena saat pemilik paypal tahu bahwa accountnya dibobol, maka dia akan melaporkan ke paypal dan semua transaksi yang telah dilakukan bisa diambil atau ditarik lagi. seperti yang pernah saya alami, saya melayani pembelian dari orang yang ternyata sudah membobol paypal orang lain dan digunakan untuk belanja ke saya, saat si pemilik account tahu maka dia melapor ke paypal dan menarik semua transaksi yang telah dilakukan oleh pencuri, akibatnya uang yang telah sy dapatkan dari penjualan ditarik kembali oleh paypal. memang disini rasanya tidak adil, karena saya tidak tahu menahu bahwa account paypal yang digunakan untuk membayar ternyata hasil pembobolan, tetapi saya ikut menanggung kerugian.
Untuk itu saya sekarang harus hati-hati dalam menggunakan paypal apalagi saya gunakan untuk jualan online.
sedikit tips dari saya agar kita aman dalam bertransaksi dan menggunakan paypal:
- Jangan login ke Paypal di warnet atau tempat umum yang tidak menjamin keamanan koneksi internetnya maupun komputernya, karena siapa tahu komputer itu telah dipasangi keylogger( software perekam semua kegiatan di komputer)
- Jangan login ke situs PayPal dari link di email atau situs lain, karenan itu ada kemungkinan akan membawa kita ke Fake login/ halaman login palsu. atau bisa juga membuat kita mendownload software/malware yg bersifat trojan.
- Amankan email anda, ini sangat penting,karena pembobolan paypal pasti berawal dari pembobolan email yg kita gunakan di payapl. sebaiknya gunakan email itu hanya untuk mendaftar di paypal saja, dan jangan gunakan email itu untuk pendaftaran ditempat lain atau digunakan untuk email pokok, buat email lain untuk berkirim dan menerima berita/surat dari orang lain.
- gunakan Password yang berbeda terutama pada email yang kita gunakan. karena serumit apapun password paypal itu tidak akan berpengaruh jika email kita sudah berhasil diambil, karena dengan mudah bisa mereset /recovery pass paypal.
- saat melakukan transaksi baik itu membeli dan menjual sebaiknya cek dulu identitas yang melakukan transaksi dengan kita, bisa melacak menggunakan email atau apapun yg digunakan untuk berhubungan dengan kita saat transaksi.
-jangan menyimpan banyak balance di satu account paypal,agar saat kita ada masalah dengan account paypal kita kita tidak terlalu rugi. bisa di bagi ke beberapa account atau bisa di cairkan saja.
-pastikan anda login di alamat paypal asli yaitu www.paypal.com  dan tidak ada url selain itu.
-untuk tips2 yang lain mungkin anda bisa dapat baca di web paypal sendiri atau web lainya.
Mungkin cukup ini saya pembahasan kali ini mengenai keamanan paypal. Selamat bertransaksi tanpa batas didunia maya dengan Paypal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar